Bupati Sutedjo Menilai Warga Kulonprogo Antusias Ikut Vaksin Covid-19

Foto ilustrasi. - ANTARA FOTO/Feny Selly
03 September 2021 08:07 WIB Hafit Yudi Suprobo Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO-- Pemerintah kabupaten Kulonprogo berupaya mengebut pencapaian vaksinasi Covid-19. Angka vaksinasi Covid-19 dosis pertama di wilayah Bumi Binangun ditargetkan mencapai 100 persen pada Oktober 2021 mendatang.

Bupati Kulonprogo Sutedjo mengatakan pelaksanaan vaksinasi di Kulonprogo telah melampaui capaian angka persentase yang ditargetkan pada akhir bulan Agustus yakni sebesar 50%.

Hal tersebut karena antusiasme seluruh warga masyarakat Kulonprogo untuk mengikuti kegiatan vaksinasi baik yang diselenggarakan di Rumah Sakit, Puskesmas, maupun kegiatan vaksinasi massal di kantor pemerintahan terbilang cukup tinggi.

Baca juga: Biaya Tes Antigen Turun, Pengusaha Alkes Sulit Jual Produk

"Akhir Agustus kemarin capaian vaksinasi Covid-19 mencapai 53,49 persen untuk dosis pertama dan untuk dosis ke dua telah mencapai angka sebesar 12,4 persen. September mendatang kita targetkan mencapai 75 persen, dan Oktober mendatang sudah mencapai angka 100 persen,” ujar Sutedjo pada Kamis (2/9/2021).

Sutedjo menambahkan bahwa angka persentase capaian vaksinasi Covid-19 di wilayah kabupaten Kulonprogo tersebut bukanlah angka dari jumlah penduduk secara total, melainkan angka dari penduduk sebagai sasaran vaksin Covid-19.

"Jumlah warga Kulonprogo jika ditotal adalah sebanyak 440 ribu jiwa, namun untuk jumlah sasaran vaksinasi masyarakat Kulonprogo adalah sebanyak 342 ribu jiwa," terang Sutedjo.

"Angka tersebut diakumulasikan dengan menyisihkan warga Kulonprogo yang masih berumur di bawah 12 tahun karena anak di bawah umur 12 tahun sistem kekebalan tubuhnya belum mengalami kematangan yang sempurna untuk menerima dosis vaksin Covid-19," sambung Sutedjo.

Baca juga: Ribuan Orang Disuntik Moderna di Halaman Parkir DPRD Bantul

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di kabupaten Kulonprogo juga difokuskan kepada pelajar. Berdasarkan catatan dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo, capaian vaksinasi Covid-19 kepada pelajar di wilayah Bumi Binangun sudah mencapai 70 persen.

"Vaksinasi bagi pelajar Kulonprogo juga digencarkan sebagai langkah persiapan menghadapi Pembelajaran Tatap Muka (PTM) mengingat perkembangan PPKM yang semakin baik," kata Sutedjo.

"Kasus harian yang mulai menurun, persentase Bed Occupancy Rate (BOR) yang rendah, angka kesembuhan yang semakin tinggi, berkurangnya angka kematian, dan vaksinasi yang terus digenjot, sehingga herd immunity di Kulonprogo terus tumbuh," tegas Sutedjo.

Merujuk data dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo, total target sasaran vaksinasi Covid-19 di wilayah kabupaten Kulonprogo sebanyak 342.720. Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo Baning Rahayujati mengatakan angka vaksinasi Covid-19 di wilayah Kulonprogo terus diupayakan terjadi penambahan tiap harinya.

"Untuk dosis pertama, capaian vaksinasi Covid-19 di wilayah kabupaten Kulonprogo mencapai 187.630 orang atau setara dengan 54,7 persen. Sedangkan, dosis kedua mencapai 43.763 atau setara dengan 12,8 persen. Data tersebut merupakan update pada Rabu (1/9/2021)," ujar Baning.