Vaksinasi Covid-19 di Kota Jogja Bakal Menyasar ke Tingkat RT

Foto ilustrasi - ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
06 September 2021 02:17 WIB Sirojul Khafid Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA – Setelah vaksinasi pelajar di Kota Jogja memenuhi target, kini Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja menyisir vaksinasi melalui Rukun Tetangga (RT). Menurut Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi, perangkat RT akan mendata warganya yang belum vaksin.

“Dan mulai pekan ini sudah dilakukan vaksinasi melalui kampung di kelurahan masing-masing. Itu mencakup siapa saja yang belum divaksin, termasuk sasaran usia 12 tahun ke atas, difabel, lansia, warga luar kota yang domisili di kota, dan warga kota Jogja sendiri yang belum,” kata Heroe, Minggu (5/9/2021).

Sisiran ini juga untuk warga digabel. Dalam pelaksanaan vaksinasi difabel, Pemkot Jogja bekerja sama dengan organisasi atau Lembaga lain. Adapun vaksin berasal dari Korem sementara data dari Pemkot Jogja.

Baca juga: Percepat Herd Immunity, Jasa Rahaja Gelar Vaksinasi Dosis Kedua

Sebelum gencar menyisir sampai tingkat RT, vaksinasi berbasis kelurahan sudah berlangsung sebelumnya. Menurut Lurah Terban, Narotama, pelaksanaan vaksinasi berbasis kampung di wilayahnya sudah berjalan sejak Juli 2021. Sistem vaksinasi berupa penyelenggaraan secara massal di tanggal-tanggal yang sudah terjadwal.

“Panitia tingkat RW berkoordinasi dengan Kepala Pukesmas Gondokusuman II,” kata Naro.

Adapun pelaksanaan vaksinasi tergantung dengan keberadaan vaksin yang bersumber dari berbagai instansi. Apabila sedang tidak ada stok, maka warga bisa lakukan vaksinasi secara reguler di Puskesmas setempat.