Bantu Masyarakat Jogja Miliki Rumah, BPD DIY Genjot Kredit Perumahan Murah

Kredit perumahan murah BPD DIY/Ist
06 September 2021 12:57 WIB Media Digital Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Sejak digulirkan pemerintah sejak tahun 2010, KPR Sejahtera FLPP mendapatkan minat dan antusiasme yang tinggi dari masyarakat. 

Dalam rangka mendukung keberhasilan Program Sejuta Rumah, Bank BPD DIY sebagai salah satu Bank yang dipercaya oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) menyalurkan Kredit Pemilikan Rumah Sejahtera Fasilitas Likuditas Pembiayaan Perumahan (KPR Sejahtera FLPP) terus menggenjot penyaluran program tersebut.

Direktur Utama Bank BPD DIY Santoso Rohmad mengatakan penyaluran kredit KPR Sejahtera FLPP Bank BPD DIY tahun 2021 hingga bulan Agustus 2021 telah mencapai 90% dari kuota yang diberikan. 

Bahkan dengan animo masyarakat DIY yang besar, saat ini Bank BPD DIY telah mengajukan penambahan kuota penyaluran agar dapat memenuhi seluruh pengajuan kredit yang masuk.

Bank BPD DIY telah bekerjasama dengan 9 (sembilan) pengembang untuk menyalurkan kredit KPR FLPP di wilayah Gunung Kidul, Bantul, Sleman, dan Kulon Progo. 

Terdapat 9 (sembilan) lokasi perumahan di wilayah Gunung Kidul, diantaranya ialah Marison Wonosari, Perumahan Bhayangkara Residence, Perumahan Griya Kurnia 2, Perumahan Amalia Regency, Perumahan Ndalem Amalia, Dewi Sinta Residence, dan nDalem Nakulo. 

Di wilayah Bantul, yaitu Perumahan Bangun Graha Metes dan Pesona Trimulyo Asri. Untuk wilayah Sleman yaitu Mulia Purnama Residence, sementara itu di Kulonprogo adalah Perumahan Ndalem Giripeni.

KPR Sejahtera FLPP adalah salah satu program pemerintah agar seluruh masyarakat Indonesia dapat memiliki dan tinggal di rumah yang layak huni. 

Harga rumah maksimal untuk wilayah DIY di tahun 2021 ini sebesar Rp150.500.000,00. Dengan DP atau uang muka minimal hanya 1% dari harga rumah, serta suku bunga kredit sebesar 5% dan jangka waktu pinjaman hingga 20 tahun, masyarakat bisa mendapatkan rumah layak huni dengan luas tanah +/- 60m2  dan luas bangunan +/- 36m2. Selain itu, penerima KPR Sejahtera FLPP masih mendapatkan Subsidi Bantuan Uang Muka (SBUM) sebesar Rp4.000.000,00.  

Syarat untuk bisa menikmati fasilitas KPR Sejahtera FLPP ialah belum memiliki rumah atau belum pernah mendapatkan program subsidi rumah lainnya, memiliki KTP dan NPWP yang masih berlaku, serta gaji/penghasilan pokok bulanan tidak lebih dari Rp8juta.

Seiring dengan perkembangan teknologi, berbagai upaya gebrakan dan inovasi dilakukan oleh PPDPP untuk mendorong kesuksesan program ini.  

Aplikasi Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan (SiKasep) merupakan terobosan yang diperuntukkan masyarakat untuk mengakses informasi tentang lokasi perumahan FLPP di seluruh Indonesia. Masyarakat dapat mengunduh aplikasi SiKasep dari Google Playstore dan menemukan rumah idaman dalam satu genggaman smartphone. 

Setelah mengisi data yang diminta dan memilih rumah yang diinginkan, pilih logo Bank BPD DIY pada pilihan menu “Pilih Bank Pelaksana KPR Subsidi”, selanjutnya petugas Bank BPD DIY akan segera menghubungi calon nasabah untuk dilakukan proses pengajuan lebih lanjut.