Peternak Srandakan Diberi Bantuan Mesin Pencacah Rumput

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih saat mencoba mesin pencacah rumput yang disumbangkan kepada Kelompok Ternak Pandan Mulyo, Padukuhan Ngentak, Kalurahan Poncosari, Kapanewon Srandakan, Senin (6/9/2021). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati
06 September 2021 21:37 WIB Catur Dwi Janati Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Pemkab Bantul memberikan bantuan alat pencacah rumput kepada Kelompok Ternak Pandan Mulyo, Padukuhan Ngentak, Kalurahan Poncosari, Kapanewon Srandakan. Meskin ini sangat efektif membantu para peternak dalam  menyiapkan pakan untuk ratusan ekor sapi yang ada.

Ketua Kelompok Ternak Pandan Mulyo, Jumadi berterima kasih kepada Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih yang memberikan bantuan mesin pencacah pakan. Menurutnya, mesin pencacah dapat menghemat waktu saat pemberian pakan sapi setiap hari. "Mesin pencacah rumput ini membantu mempercepat penyiapan pakan, sehingga pemberian pakan lebih efisien," tuturnya saat ditemui, Senin (6/9/2021).

Pencacahan pakan secara manual menggunakan sabit sangat bergantung pada umur rumput. Bila usia rumput terlalu tua, peternak sulit mencacah rumput dengan cepat. "Saat menggunakan mesin, rumput setua apa pun bisa dicacah dengan alat ini dan bisa dimakan sapi sampai habis," ujarnya.

Dari segi waktu, pencacahan rumput menggunakan mesin jauh lebih cepat ketimbang secara manual. Dengan cara manual, satu ikat rumput berukuran besar membutuhkan waktu sekitar setengah jam. Saat menggunakan mesin pencacah, hanya butuh waktu lima menit.

Di Kelompok Ternak Pandan Mulyo saat ini terdapat 120 kandang sapi dengan populasi mencapai 295 ekor. Penggunaan mesin cacah dinilai penting untuk mempercepat pemberian pakan ratusan ekor sapi yang ada di kandang milik kelompok.

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih berharap alat yang diberikan dapat membantu budi daya sapi di Ngentak. "Ternak di Bantul merupakan bagian dari sektor pertanian, sedangkan sektor pertanian merupakan sektor unggulan di Bantul," ujarnya.

Seusai penyerahan bantuan, Halim mencoba mencacah rumput dengan mesin pencacahan sekaligus memberikan hasil cacahan rumput ke sapi yang ada di kandang. "Harapannya dengan alat ini produktivitas peternakan lebih baik dan biaya bisa ditekan," katanya.