Pemda DIY Bangun Showroom UMKM di Exit Tol

Ilustrasi pembangunan jalan tol. - Bisnis Indonesia/Abdullah Azzam
06 September 2021 14:07 WIB Ujang Hasanudin Sleman Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Pemda DIY akan membangun sejumlah infrastruktur pendukung jalan tol Solo-Jogja-Bawen, agar dapat dirasakan oleh masyarakat DIY, salah satunya dengan membangun Showroom untuk menampung produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) khas Jogja di pintu exit tol di DIY.

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji mengatakan tidak adanya rest area di jalan tol Solo-Jogja-Bawen, bisa disiasati dengan membangun pusat UMKM di pintu exit dan entry tol.

“Rest area itukan dibuat oleh pembuat jalan tol bukan kabupaten dan Pemda . Kalau kabupaten itu mau menyelenggarakan ya bukan rest area tetapi begitu exit tol maka di exit itu disiapkan misalnya bentuknya showroom umkm atau kuliner,” kata Baskara Aji, saat ditemui di Kompleks Kepatihan, Senin (6/9/2021).

Baca juga: Gara-Gara Utang, Pria di Sleman Bunuh Diri Setelah Bunuh Pengutang

Menurut dia, Kabupaten dan Pemda DIY bisa membebaskan tanah untuk keperluan exit tol. Pembebasan lahan bisa dilakukan atau oleh menggunakan kas desa oleh desa setempat sekitar pintu exit tol. Namun dimana saja pintu exit tol di wilayah DIY, Baskara Aji belum bisa memastikannya. “Tapi kalau exit tol yang menentukan dimana dan boleh ada ya tetap pengelola jalan tol,” ujar Baskara Aji.

Baskara Aji juga belum bisa menyampaikan pembangunan infrastruktur pendukung karena pembicaraan tentang jalan tol apakah elevated atau di bawah masih dalam pembicaraan, termasuk penyelesaian pembebasan lahannya masih dalam proses.

Pemda DIY juga akan berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten dan pemerintah kalurahan untuk menyiapkan pembangunan sarana pendukung di sekitar exit tol apakah yang menyiapkan Pemd DIY, pemerintah kabupaten atau kalurahan, “Kalau kelurahan mau menyelenggarakan ya sudah, kalau kabupaten ya sudah kabupaten kalau enggak ya nanti provinsi,” ucap dia.

Harapannya pembangunan sarana pendukung di pintu exit tol benar-benar disiapkan semenarik mungkin sehingga pengguna jalan tol benar-benar tertarik ketika sampai exit tol disuguhi dengan produk-produk UMKM, kulier khas Jogja. Menurut Baskara Aji tidak ada perbedaan antara rest area dengan exit tol. Yang membedakan rest area di dalam jalan tol, sementara exit tol di pintu keluar atau pintu masuk jalan tol.

Sebelumnya diberitakan terdapat enam exit tol di DIY dalam pembangunan jalan tol Solo-Jogja-Bawen. Exit dan entry tol tersebut berada di Purwomartani, Maguwoharjo, UPN, Monjali, Trihanggo, dan Westlake (Tirtoadi). Baskara Aji berharap kendaraan tidak hanya keluar atau masuk jalan tol begitu saja namun bisa mampir ke showroom UMKM sehingga manfaatnya dirasakan oleh masyarakat sekitar.