Jalan Menuju Objek Wisata Bantul Masih Disekat

Wisatawan sedang menikmati bermain pasir di Pantai Parangtritis. - Harian Jogja/Jumali
07 September 2021 16:37 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Pemkab Bantul tetap menerapkan penyekatan di jalur wisata karena belum ada aturan dari pusat tentang membuka objek wisata.

Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo mengatakan sesuai dengan aturan Pemerintah Pusat, belum ada aturan tempat wisata diperbolehkan buka. Oleh karena itu, penyekatan di jalur menuju objek wisata tetap akan dilakukan, meski PPKM Bantul saat ini berada di level 3.

"Sesuai aturan di PPKM level 3, penyekatan di tempat wisata tetap kami lakukan. Termasuk juga tempat yang belum boleh dibuka sesuai ketentuan yang ada," kata Joko, Selasa (7/9/2021).

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul Aris Suharyanta mengatakan penyekatan akan dilakukan bersama senjumlah pihak di sejumlah jalur wisata dan titik rawan. Hal itu dilakukan untuk menekan mobilitas masyarakat.

"Yang jelas titik rawan dan jalur wisata tetap akan kami sekat," ucap Aris.

Sementara, sesuai dengan Inmendagri No.39/2021 tentang PPKM Level IV, Level III dan Level II, DIY berada di Level III. Kendati demikian, tidak ada poin yang menyebutkan jika objek wisata diperbolehkan buka.

Ketua Pengelola Wisata Songgo Langit Aris Purwanto mengaku pasrah terkait dengan belum bolehnya objek wisata dibuka meskipun saat ini Bantul  sudah Level  III.

"Kami ngikut saja," katanya.