Advertisement

Soal Kepastian Uji Coba Pembukaan Objek Wisatadi DIY, Ini Jawaban Pemda

Abdul Hamied Razak
Kamis, 09 September 2021 - 20:17 WIB
Bhekti Suryani
Soal Kepastian Uji Coba Pembukaan Objek Wisatadi DIY, Ini Jawaban Pemda Ratusan pengunjung memadati kawasan Tebing Breksi, Minggu (30/12/2018) - Harian Jogja/Fahmi Ahmad Burhan

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Rencana uji coba pembukaan tiga destinasi wisata di DIY masih belum dipastikan waktunya. Pasalnya hingga Kamis (9/9/2021) Dinas Pariwisata (Dispar) DIY belum menerima surat resmi destinasi wisata di DIY yang boleh diujicoba saat PPKM level 3.

Kepala Dispar DIY Singgih Raharjo mengatakan hingga kini Dispar belum mendapatkan surat resmi tiga destinasi yang boleh uji coba. Meski begitu, ia mengapresiasi kebijakan dilakukannya uji coba operasional objek wisata. "Kita diberi kuota tiga destinasi. Tapi sampai hari ini kami belum menerima surat resmi yang tiga itu lokasinya mana saja? Kami masih menunggu," kata Singgih kepada wartawan, Kamis (9/9/2021).

Advertisement

Ia menjelaskan, Dispar terus berkoordinasi dengan kementerian baik Kementerian Pariwisata maupun Kementerian Kesehatan untuk membahas kriteria dan sebagainya. Kuota tiga destinasi tersebut, kata Singgih merupakan keputusan dari Pusat.

Ditanya tiga destinasi di DIY yang ditetapkan pemerintah untuk uji coba operasional, seperti Ratu Boko, Taman Pintar dan Watu Lumbung, Singgih tidak mengetahuinya. "Dari mana itu? Saya kira kita perlu tunggu saja surat resmi dari Kementerian. Kalau kesiapan memang harus dilakukan agar destinasi benar-benar siap," katanya.

BACA JUGA: Kejari Bantul Endus Dugaan Korupsi Tanah Kas Desa Srigading 2020

Dispar DIY, katanya, juga mengusulkan destinasi yang sudah memiliki sertifikat yang mengantongi sertifikat CHSE atau Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment (Ramah lingkungan) dari Kemenperkraf.

"Dari puluhan destinasi wisata di DIY hanya 26 destinasi wisata yang mendapatkan sertifikat CHSE. Itupun belum termasuk hotel dan restoran. Saya akan cek lagi 26 destinasi wisata itu mana saja," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Pastikan Tidak Impor Bawang Merah Meski Harga Naik

News
| Kamis, 25 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement