IPL Tol Jogja-Bandara YIA Direvisi

Yogyakarta International Airport (YIA) - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo
14 September 2021 17:07 WIB Ujang Hasanudin Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Gubernur DIY Sri Sultan HB  X menyebut izin penetapan lokasi (IPL) Tol Jogja-Bandara Internasional Yogyakarta di Kulonprogo atau Yogyakarta Intrnational Airport (YIA) masih dalam proses revisi dari Kementerian Pekerjaan Umum, dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Ada perubahan, jadi mungkin PU [Kemeterian PUPR] menggambar lagi,” kata Sultan, di Kompleks Kepatihan, Selasa (14/9/2021).

BACA JUGA: Disebut Tidak Kulonuwun ke Pemdes, Ini Bantahan Pengelola Wisata Litto

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Kadarmanta Baskara Aji menambahkan IPL Tol Jogja-YIA belum ada kepastian, masih akan ada presentasi untuk menyesuaikan jalur sehingga IPL belum bisa dikeluarkan oleh Gubernur DIY.

Sekretaris Daerah DIY Baskara Aji menyatakan ada dua opsi IPL. Jika bisa diselesaikan semua dalam satu, IPL akan dijadikan satu.  “Tapi kalau opsinya yang satu masih lama, sebagian kami IPL-kan,” ujar Baskara Aji.

Baskara Aji mengatakan sejauh ini penerbitan IPL masih terkendala di penyelenggara jalan tol terkait dengan pembiayaan dan efisiensi soal pembiayaan. Namun, dia belum mengetahui persis terkait kendala pastinya sehingga IPL belum diajukan.

“Pak Gubernur sudah menyampaikan beberapa gambaran yang nanti bisa diacu oleh penyelenggara jalan tol, kita tunggu saja nanti hasil terakhir,” kata Baskara Aji.