Advertisement

Trans Jogja Rute Wisata Kaliurang Dibuka

Newswire
Jum'at, 17 September 2021 - 23:07 WIB
Bhekti Suryani
Trans Jogja Rute Wisata Kaliurang Dibuka Foto ilustrasi bus Trans Jogja. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Bus Trans Jogja rute Kaliurang kini dibuka. Penumpang bisa menuju objek wisata.

Kabar baik bagi warga dan wisatawan yang akan mengunjungi Kaliurang. Trans Jogja sebagai transportasi umum di DIY pun mulai uji coba melalui rute jalur wisata tersebut.

Advertisement

Rute yang dilalui pun cukup banyak pilihan. Dimulai dari Terminal Condongcatur, armada Trans Jogja melewati jalur Jalan Kaliurang, Ngaglik, Pasar Pakem, dan berhenti di Taman Wisata Kaliurang. Satu kali perjalanan pun hanya membutuhkan waktu sekitar 40 menit.

"Jalur ke kaliurang ini sangat dinantikan masyarakat karena selama ini tidak ada angkutan umum yang sampai ke kaliurang. Kalau ada yang kesini harus pakai kendaraan pribadi, atau yang sudah sampai sini tidak ada transportasi balik lagi angkutan," ungkap Direktur PT Anindya Mitra Internasional (AMI) sebagai pengeloa Trans Jogja, Dyah Puspitasari disela uji coba Trans Jogja, Jumat (17/09/2021).

BACA JUGA: Disebut-sebut Calon Menteri Perhubungan, Ini Profil Olly Dondokambey

Menurut Dyah, rute Trans Jogja ke Kaliurang tersebut menjadi salah satu upaya pemulihan pariwisata di DIY selama pandemi COVID-19 ini. Adanya rute tersebut pun akan meningkatkan layanan pendidikan bagi para pelajar dan mahasiswa untuk memanfaatkan rute tersebut saat bersekolah maupun kuliah.

Selama ini pelaku wisata pun hanya secara mandiri menyediakan transportasi menuju kawasan wisata Kaliurang. Kondisi ini tentu memberatkan mereka tanpa adanya peran serta pemerintah daerah. Karenanya setelah uji coba diharapkan Dinas Perhubungan (Dishub) DIY bisa memberikan ijin penambahan rute.

"Realisasianya kita tunggu dari dinas perhubungan supaya pariwisata jogja terus bangkit. Apalagi banyak permintaan dari para siswa untuk menambah rute transjogja ini demi mendukung kegiatan belajar mereka," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dishub DIY Ni Made Dwipanti Indrayanti mengungkapkan, uji coba Trans Jogja dengan Teman Bus kali ini merupakan persiapan saat destinasi wisata Kaliurang dibuka. Selama ini Trans Jogja sudah sampai ke Pakem.

"Sekarang kita integrasikan dengan Teman Bus (bagian dari perluasan Trans Jogja perkotaan-red) sampai ke kaliurang. Kapasitas bus kita batasi, bisa membawa sepeda lipat jadi asyik untuk berwisata. Harapan kami bisa menghidupkan pariwisata ketika nantinya sudah dibuka,” paparnya.

Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana yang menginisiasi uji coba rute tersebut mengungkapkan, dirinya banyak menerima banyak aspirasi dari warga masyarakat di Sleman Utara, pegiat wisata di Kaliurang dan desa-desa wisata di sekitar terkait tidak adanya transportasi umum. Karenanya pihaknya mengajak Dishub dan PT AMI untuk melakukan uji coba rute kali ini.

Namun disadari perlu kajian mendalam dan persetujuan pemerintah pusat melalui Kementrian Perhubungan untuk mewujudkan rute baru tersebut. Diharapkan rute tersebut bisa segera terealisasi untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga dan wisatawan ke DIY.

"Ini sangat mungkin diwujudkan ketika memang ada permintaan warga. Kita bisa komunikasikan ke pemerintah pusat untuk hal ini. Harapannya bisa lebih menghidupkan kawasan wisata Kaliurang, ketika nantinya sudah bisa dibuka,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement