Mirip ATM, Anjungan Dukcapil Mandiri di Kulonprogo untuk Pengurusan Dokumen Kependudukan

Ilustrasi. - Freepik
21 September 2021 21:57 WIB Hafit Yudi Suprobo Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO-- Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) resmi beroperasi di wilayah Kabupaten Kulonprogo pada Selasa (21/9/2021) berlokasi di mal pelayanan publik (MPP). Mesin ADM diharapkan mampu membantu masyarakat di wilayah bumi binangun saat ingin melakukan pengurusan dokumen kependudukan.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kulonprogo Aspiyah mengatakan ADM merupakan mesin yang berfungsi layaknya anjungan tunai mandiri (ATM). Namun, mesin ini bekerja khusus untuk hal pengurusan berbagai dokumen kependudukan.

"Dokumen yang dapat diurus pada mesin ini di antaranya adalah Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el), Kartu Keluarga, Kartu Identitas Anak (KIA), Akta Kelahiran, Akta Kematian. Mesin ADM dihadirkan untuk mempermudah pelayanan masyarakat terkait data kependudukan," imbuh Aspiyah pada Selasa (21/9/2021).

Baca juga: Bank BPD DIY Bersinergi Kembangkan Aplikasi Visiting Jogja untuk Hidupkan Pariwisata

Dikatakan Aspiyah, mesin ADM merupakan hibah pinjam pakai dari pemerintah pusat melalui Direktorat Jenderal Dukcapil Kementerian Dalam Negeri. Mesin ADM merupakan salah satu implementasi dari PERMENDAGRI nomor 7 tahun 2019 tentang pelayanan administrasi kependudukan secara daring.

"Mesin ini dihadiahkan untuk Dukcapil Kulonprogo karena masuk dalam kriteria penduduk rendah, kurang dari 500 ribu, dan menjadi rangking pertama di Indonesia. Sesuai arahan Dirjen, mesin ADM tersebut harus diletakan di tempat yang banyak orang, mudah dijangkau, serta operasionalnya terlindung dan tidak terganggu," kata Aspiyah.

Oleh sebab itu, Disdukcapil Kulonprogo memilih mal pelayanan publik Kulonprogo sebagai tempat untuk menempatkan mesin ADM. Lokasi MPP dinilai cukup strategis dan kebetulan di MPP juga terdapat layanan untuk Disdukcapil Kulonprogo.

Baca juga: Kampanyekan Digital Banking, BNI Gandeng Lembaga Peradilan

"Semoga dengan adanya ADM ini dapat memberikan pelayanan yang membahagiakan masyarakat sekaligus bisa memudahkan dan mendekatkan, karena nanti harapan kami masyarakat ini juga sekarang sudah sadar IT, sehingga ADM ini akan berfungsi dengan baik dan dimanfaatkan oleh masyarakat Kulonprogo," ujar Aspiyah.

Bupati Kulonprogo Sutedjo mengatakan kehadiran mesin ADM mampu mendorong percepatan kepengurusan dokumen kependudukan di wilayah kabupaten Kulonprogo. Masyarakat diminta untuk memanfaatkan mesin ADM semaksimal mungkin.

"Hari ini Dukcapil telah berusaha melengkapi bagian dari kewajibannya melayani rakyat yaitu dengan melengkapi sarana pelayanannya berupa Anjungan Dukcapil Mandiri ini. Kami berharap segenap warga masyarakat bisa mendayagunakan, memanfaatkan fasilitas ini untuk mempercepat, mempermudah proses sehingga layanannya bisa cepat dan mudah dilakukan," terang Sutedjo.