JNE dan Polsek Umbulharjo Berbagi di Kala Pandemi

JNE bersama dengan Polsek Umbulharjo melakukan bakti sosial dengan membagikan snack boks kepada pedagang di pasar tradisional, belum lama ini. - Ist/JNE
23 September 2021 09:37 WIB Media Digital Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-Dalam rangka turut meringankan beban masyarakat terdampak pandemi, Kantor Cabang JNE Yogyakarta menggelar bakti sosial (baksos). Kali ini dilakukan dengan bagi-bagi makanan siap saji kepada buruh gendong, pedagang pasar, tukang becak, dan ojek online bekerjasama dengan Polsek Umbulharjo Yogyakarta.

Kepala Cabang JNE Yogyakarta Adi Subagyo mengatakan, kegiatan baksos tersebut sudah digelar Jumat lalu (17/9/2021). Ada 100 orang yang mendapatkan bantuan. “Kami ada kerjasama rutin dengan Polsek Umbulharjo namanya Gaspol (Gerakan Sedekah Polsek Umbulharjo),” katanya kemarin (21/9/2021).

Adi menjelaskan, untuk kegiatan kali ini sasaran utamanya ialah buruh gendong dan tukang becak. Melihat kondisi pasar yang belum stabil kunjungannya, pendapatan mereka menurun. Sehingga, dengan bantuan tersebut setidaknya mereka dapat terbantu setidaknya untuk makan siang.

“Ada dua titik pasar yang kita datangi kemarin, yaitu pasar Beringharjo dan Kranggan,” ujarnya. Baksos tersebut juga menyasar pedagang pasar dan ojek online.

Selain nasi boks yang dibagikan juga ditambah dengan masker kain yang juga sudah menjadi bagian dari kebutuhan pokok di pandemi ini.

Rencananya bantuan makanan itu akan dilanjutkan. Jumlahnya pun akan diperbanyak menjadi 300 boks. “Melihat antusias mereka, kalau 100 boks kok kurang, kami akan tambah dan kontinyu nanti. Jadi ini sesuai dengan tagline kami Connecting Happiness, selain berbisnis dimanapun JNE berada bisa bermanfaat buat masyarakat sekitar,” terangnya. 

Baca juga: Ribuan Dosis Disiapkan untuk Vaksinasi Pelajar SMP di Piyungan

Sejak pandemi merebak di Maret 2020 sampai saat ini, JNE sudah mengalokasikan lebih dari Rp13 miliar untuk penanggulangan penyebaran Covid-19 dan lainnya. Dengan menjalankan program CSR untuk membantu penanggulangan bersama pemerintah dan swasta.

Beberapa kolaborasi tersebut, antara lain pendistribusian 10.000 masker ke 25 rumah sakit rujukan pasien Corona di berbagai kota di Indonesia. Pengiriman lebih dari 25 juta perlengkapan APD ke seluruh rumah sakit. Serta mendistribusikan ratusan ton bantuan Covid-19 lainnya ke lebih dari 1.200 faskes dan 1.135 lembaga dan perorangan di seluruh Indonesia. Kerjama ini juga berlangsung dalam pelaksanaan vaksin JNE Jogja kemarin juga bekerjasama dengan Polsek Umbulharjo.

“Kalau yang masih berjalan sampai saat ini kita bekerjasama dengan Benih Baik, situs galang dana dan donasi online untuk memberikan fasilitas pengiriman tabung oksigen gratis ke rumah sakit atau lembaga kesehatan yang membutuhkan se Indonesia,” katanya menjelaskan kegiatan yang dilakukan pada sejak Juni hingga saat ini.

Terpisah, Staf Humas Polsek Umbulharjo Bripka Widodo Lestari mengatakan, kegiatan baksos tersebut sudah menjadi agenda rutin. Kali ini menggandeng Kantor Cabang JNE Yogyakarta.

 ”Nasi-nasi boks ini kami beli dari warteg sekitar Umbulharjo. Dengan harapan juga memakmurkan usaha kecil. Ya harapannya untuk meringankan beban mereka di masa pandemi,” katanya. (ADV)