Advertisement

7 BUMDes di Sleman Beli 60% Saham PT LKM Sedasa

Yudhi Kusdiyanto
Jum'at, 24 September 2021 - 06:12 WIB
Yudhi Kusdiyanto
7 BUMDes di Sleman Beli 60% Saham PT LKM Sedasa Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Luar Biasa yang digelar PT LKM Sedasa, Kamis (23/9/2021). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—PT LKM Sedasa menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Luar Biasa, Kamis (23/9/2021). Dalam rapat yang digelar, diputuskan pelepasan 60% saham perusahaan kepada PT Mitra Sleman Sembada yang merupakan gabungan dari tujuh badan usaha milik desa (BUMdes) di Kabupaten Sleman. Tujuh BUMDes ini masing-masing berasal dari Kalurahan Margoluwih, Sayegan; Kalurahan Trimulyo, Sleman; Kalurahan Balecatur, Ambarketawang dan Banyuraden, Kapanewon Gamping; dan Kalurahan Tirtoadi serta Sinduadi di Kapanewon Mlati.

Direktur Utama PT LKM Sedasa, Sri Wahyudi mengatakan pemilihan PT Mitra Sleman Sembada sebagai pembeli saham karena perusahaan ini merupakan gabungan dari BUMDes yang memiliki tujuan meningkatkan perekonian desa, meningkatkan usaha dan kesejateraan masyarakat, sekaligus meningkatkan pendapatan masyarakat desa. Modal perusahaan ini juga dimiliki oleh pemerintah desa/kalurahan.

Advertisement

Berkaitan dengan sistem pengelolaan dan layanan PT LKM Sedasa yang saat ini sebagian besar sahamnya sudah dimiliki PT Mitra Sleman Sembada tidak akan berubah. Bunga pinjaman tetap ringan dan bonus tertib mengangsur tetap akan kami berikan karena sesuai komitmen kami yaitu melayanai dengan tulus mendampingi dengan hati,” kata Sri Wahyudi.

Pelepasan 60% saham PT LKM Sedasa, menurut Sri Wahyudi, merupakan upaya perusahan dalam rangka memenuhi ketentuan Undang-Undang No.1/ 2013 tentang Lembaga Keuangan Mikro pada Pasal 5 ayat 2, bahwa setiap LKM dengan bentuk badan hukum perseroan terbatas sahamnya paling sedikit 60% harus dimiliki oleh pemerintah daerah atau badan usaha milik desa/kalurahan.

Berbagai upaya telah kami lakukan untuk mendapatkan calon yang layak untuk memiliki saham PT LKM Sedasa, seperti silahturahmi kepada pengurus BUMDes yang kami nilai mampu membeli saham, serta presentasi tentang PT LKM Sedasa di hadapan 60 BUMDes se-Kabupaten Sleman yang difasilitasi oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan Kabupaten Sleman,” katanya.

Dengan adanya pengalihan 60% saham PT LKM Sedasa kepada BUMDes Bersama, diharapkan perusahaan akan lebih berkembang karena BUMDes secara rutin setiap tahun mempunyai anggaran yang berasal dari pemerintah kalurahan untuk pengembangan usaha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Densus 88 Menangkap Lagi Satu Terduga Teroris, Total Delapan Orang

News
| Jum'at, 19 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement