Advertisement

Kanwil ATR/BPN DIY Mempermudah Pelayanan Perizinan

Sirojul Khafid
Sabtu, 25 September 2021 - 08:17 WIB
Maya Herawati
Kanwil ATR/BPN DIY Mempermudah Pelayanan Perizinan Sri Paduka Paku Alam X memotong tumpeng dalam acara peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional 2021 di Kanwil ATR/BPN DIY, Jogja, Jumat (24/9). (Harian Jogja - Sirojul Khafid)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) beserta jajaran di bawahnya, termasuk Kantor Wilayah (Kanwil) ATR/BPN DIY berkomitmen memberikan pelayanan pada masyarakat dengan lebih efisien dan profesional.  

Salah satunya dengan cara melaksanaan Undang Undang Cipta Kerja dan turunannya agar bisa menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya.  Hal ini dilakukan melalui kemudahan izin berusaha bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah serta mendorong investasi.

Advertisement

Hal ini dikatakan Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Paku Alam X saat membacakan sambutan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Sofyan A. Djalil.

Sambutan ini disampaikan dalam rangka peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional 2021. Dengan tema Percepatan Pemulihan Ekonomi melalui Pelayanan Tata Ruang dan Pertahanan yang Profesional, harapannya masyarakat semakin terbantu dan perekonomiannya semakin bangkit.

“Undang Undang Cipta Kerja salah satu tujuannya memperbaiki persoalan perizinan kegiatan usaha telah memberikan ruang yang lebih luas dan peran penting bagi tata ruang sebagai ujung tombak pemberian izin berusaha,” kata Sri Paduka Paku Alam X di halaman Kanwil ATR/BPN DIY, Jumat (24/9).

Upaya kemudahan perizinan usaha ini tercermin dari syarat dasar yang hanya terdiri tiga poin. Pemohon izin perlu memastikan kesesuaian kegiatan pemanfaatan ruang, persetujuan lingkungan, dan detail tata ruang.

Dalam rangka Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional 2021 akan ada peluncuran aplikasi LoketKu oleh Kementerian ATR/BPN. Menurut Kepala Kanwil ATR/BPN DIY, Suhendro, aplikasi ini untuk memudahkan pelayanan secara elektronik. Meski belum seluruh layanan bisa secara eletronik, dengan LoketKu masyarakat bisa mengecek perizinannya secara mandiri.

Selain itu, adapula serangkaian acara sosial dalam sebulan ke depan. Ada kegiatan donor darah, pemberian bantuan sembako, serta sosialisasi percepatan sertifikat tanah pada masyarakat. Kanwil ATR/BPN DIY juga akan menggelar vaksinasi bagi keluarga pegawai yang belum vaksin. “Vaksinasi untuk keluarga yang belum vaksin,” kata Suhendro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Setelah Lima Hari, 2 Wisatawan yang Berenang di Zona Hahaya Pangandaran Ditemukan Tewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement