Bupati Gunungkidul Yakin Target Vaksinasi Tercapai Akhir Tahun

Ilustrasi proses vaksinasi - Harian Jogja/Catur Dwi Janati
30 September 2021 08:07 WIB David Kurniawan Bantul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL- Bupati Gunungkidul Sunaryanta optimistis target vaksinasi Covid-19 di wilayahnya bisa tercapai di akhir tahun 2021. Keyakinan ini melihat gencarnya pelaksanaan vaksinasi di berbagai kapanewon yang dilaksanakan secara massal.

“Capaian kita sudah di atas 60 persen, jadi saya menyakini sasaran 70 persen penduduk menerima vaksin bisa terpenuhi di akhir tahun ini,” kata Sunaryanta kepada wartawan di sela-sela pemantauan vaksinasi yang dilaksanakan Badan Intelejen Negara di Puskesmas Purwosari, Rabu (29/9/2021).

Menurut dia, gencarnya vaksinasi tak lepas dari dukungan banyak pihak, Mulai dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), instansi TNI, Polri, BIN hingga pihak swasta. Sunaryanta pun memberikan apresiasi kepada pihak-ihak yang membantu percepatan dalam upaya pencegahan dan penanggulangan virus corona.

“Semua bahu membahu agar program vaksin dapat berjalan dengan lancar,” katanya.

Baca juga: Sindikat Rokok Ilegal Gunakan Sel Mirip Jaringan Narkoba

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM), Dinas Kesehatan Gunungkidul, Sumitro mengatakan capaian vaksinasi secara keseluruhan, untuk dosis pertama sudah mencapai 67,52 persen. Sedangkan untuk dosis kedua mencapai 29,53%. “Target vaksinasi di Gunungkidul menyasar ke 595.145 orang. Program terus dilaksanakan dan mudah-mudahan target bisa segera terpenuhi,” katanya.

Untuk stok vaksin, ia memastikan tidak ada masalah karena stok yang dimiliki masih mencukupi. “Stok masih tersimpan dan proses distribusi juga lancar sehingga dapat mempercepat dalam program vaksinasi,” katanya.

Anggota BIN DIY, Eko Susilo mengatakan, akan membantu pemerintah dalam upaya percepatan vaksinasi. Selain menyelenggarakan kegiatan vaksin, juga turun berupaya menggerakan warga agar mau mendapatkan suntikan anti corona ini.

“Kami siap menjemput dan mengantar warga sampai lokasi vaksin. Agar bisa lancar, kami juga bekerjasama dengan kalurahan,” katanya.