Advertisement

Kabar Baik! Bantul Kini Masuk Zona Oranye Covid-19

Newswire
Kamis, 30 September 2021 - 19:57 WIB
Bhekti Suryani
Kabar Baik! Bantul Kini Masuk Zona Oranye Covid-19 Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Kasus Covid-19 yang terus melandai di Kabupaten Bantul berpengaruh pada penurunan status zona Covid-19 di wilayah tersebut.

Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, masuk zona oranye atau risiko sedang penularan COVID-19 seiring menurunnya tambahan kasus terinfeksi virus corona yang diimbangi dengan kasus sembuh lebih banyak dalam sebulan terakhir.

Advertisement

"Hasil perhitungan berdasarkan data kasus dari tanggal 14 sampai 27 September 2021, Kabupaten Bantul berada pada risiko sedang [zona oranye] dengan skor 2,1," kata Ketua Satgas Penanggulangan COVID-19 Bantul Joko Purnomo dikutip dari pernyataan resmi Pemkab di Bantul, Kamis (30/9/2021).

Zonasi risiko penularan COVID-19 Bantul juga berdasarkan perhitungan bobot indikator kesehatan masyarakat yang terdiri dari epidemiologi, surveilans kesehatan dan pelayanan kesehatan, dari setiap indikator diberikan skoring dan pembobotan lalu dijumlahkan.

"Hasil perhitungan ini dapat dijadikan sebagai dasar bagi seluruh pihak dalam melaksanakan berbagai macam aktivitas atau kegiatan untuk jangka waktu 14 hari yaitu dari 28 September sampai 11 Oktober 2021," katanya.

Sementara itu, berdasarkan data Satgas Penanggulangan COVID-19 Bantul, kasus positif di Bantul secara kumulatif hingga Rabu (29/9) malam sebanyak 56.629 orang, setelah ada penambahan kasus konfirmasi 17 orang dalam sehari.

Sedangkan untuk angka kesembuhan COVID-19 di Bantul totalnya sebanyak 54.742 orang, setelah ada pasien positif yang dinyatakan pulih 27 orang dalam sehari.

BACA JUGA: Kasus Covid-19 di Singapura Naik, Dubes Indonesia Ungkap Penyebabnya

Untuk kasus meninggal hingga periode tersebut tercatat sebanyak 1.546 orang, dengan demikian jumlah kasus aktif COVID-19 atau pasien positif yang masih menjalani karantina di Bantul tinggal 341 orang.

Kasus aktif COVID-19 itu berdasarkan domisili tersebar di 17 kecamatan se-Bantul dengan terbanyak dari Banguntapan 62 orang, dan Bantul 47 orang, sedangkan kecamatan dengan angka terendah yaitu Piyungan, Bambanglipuro, dan Dlingo masing-masing dua orang.

Meski kasus COVID-19 di Bantul makin terkendali, namun Satgas COVID-19 tetap mengajak masyarakat bersama memutus rantai penyebaran COVID-19 dengan selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), dan disiplin menjalankan protokol kesehatan 5M.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Yusril Serahkan Berkas Putusan Asli MK ke Prabowo Subianto

News
| Selasa, 23 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement