Serangan Jantung, Aktor Gunawan Maryanto Rapat di Teater Garasi 30 Menit Sebelum Meninggal

Pelayat menyalatkan jenazah aktor Gunawan Maryanto di Teater Garasi, Rabu (6/10/2021) malam. - Harian Jogja/Budi Cahyana
06 Oktober 2021 23:07 WIB Budi Cahyana Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Aktor Gunawan Maryanto meninggal dunia karena serangan jantung. Pria yang dikenal dengan nama sapaan Cindhil itu mengembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Ludira Husada, Jogja, pada Rabu (6/10/2021) malam pukul 20.07 WIB.

Rekan sejawatnya, Prihatmoko Moki, mengatakan Cindhil mengikuti rapat di Teater Garasi, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, pada Rabu malam, sekitar 30 menit sebelum meninggal dunia. Saat rapat, Cindhil mengeluh sesak napas dan kemudian pingsan. Dia kemudian dilarikan ke rumah sakit dan meninggal dunia.

Gunawan Maryanto/Facebook Gunawan Maryanto

Jenazah Cindhil disemayamkan di Teater Garasi dan diberangkatkan menuju rumah duka di Karangmalang, Caturtunggal, Depok, Sleman, Kamis (7/10/2021) pagi pukul 08.00. Almarhum dimakamkan di Tempat Permakaman Umum Karangmalang pada Kamis siang pukul 13.00 WIB.

"Kami atas nama keluarga memohon maaf bila selama bergaul, Cindhil punya kesalahan," kata Yanto, saudara Gunawan Maryanto.

Cindhil, lahir di Karangmalang, Sleman, 10 April 1976. Dia dikenal sebagai seniman serba bisa yang menekuni seni karawitan, menyutradarai teater, menulis naskah drama, cerpen, puisi, dan menjadi aktor film layar lebar.

Di film Istirahatlah Kata Kata, Gunawan memerankan Wiji Thukul, penyair yang hilang di masa rezim Orde Baru yang sampai sekarang belum ketemu.

Istirahatlah Kata Kata adalah film ke delapannya. Sebelumnya ia membintangi Toilet Blues, Optatissimus, Guru Bangsa: Tjokroaminoto, Aach... Aku Jatuh Cinta, serta Mencari Hilal.