Bantul Berencana Datangi Rumah Warga untuk Selesaikan Vaksinasi Covid-19

Penyandang disabilitas mendapatkan vaksin Covid-19. - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi
06 Oktober 2021 13:47 WIB Catur Dwi Janati Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul mengejar target vaksinasi 85% warga selesai pada pekan ketiga Oktober. Vaksinasi dengan mendatangi rumah warga kini sedang dipertimbangkan, menyesuaikan ketersediaan tenaga kesehatan (nakes).

 “Kalau untuk door to door [dari pintu ke pintu] masih didiskusikan karena kamu juga menghitung jumlah nakes,” kata Ketua Harian Satgas Covid-19, Joko Purnomo pada Rabu (6/10/2021).

BACA JUGA: Pertama dalam Sejarah, Pesawat Buatan Indonesia Terbang dengan Bahan Bakar Nabati

Joko mendorong inovasi yang pemerintah kalurahan dalam memacu vaksinasi. Pemkab Bantul menargetkan minimal 85 persen masyarakat Bantul disuntik vaksin Oktober ini.

“Pekan ketiga bulan Oktober ini kami menargetkan minimal 85 - 90 persen warga Bantul disuntik vaksin. Kami melakukan sinergi dengan TNI dan Polri juga dengan Pemda DIY dan Dinkes DIY,” kata dia.

Joko menilai progres vaksinasi di Kabupaten Bantul saat ini terbilang baik. Sampai saat ini Joko mencatat capaian vaksinasi dosis pertama di Bantul sudah mencapai 70,77 persen dan dosis keduanya mencapai 40 persen.