Kocak! Jokowi ke Jogja Bagikan Bantuan PKL, Malah Dikira Resmikan Warung Soto

Presiden RI, Joko Widodo didampingi oleh sejumlah menteri, Gubernur DIY dan Walikota Jogja dalam peluncuran bantuan uang tunai senilai Rp1,2 juta kepada pedagang kaki lima (PKL) dan warung kecil di kawasan Malioboro, Sabtu (9/10/2021). Pemerintah bakal meneyarhkan bantuan uang tunai kepada satu juta PKL dan warung kecil di Indonesia yang disalurkan langsung oleh Polri dan TNI masing-masing wilayah. - Dok/Humas Pemda DIY.
09 Oktober 2021 14:17 WIB Bernadheta Dian Saraswati Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan ke Jogja pada hari ini, Sabtu (9/10/2021). Namun Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo beserta rombongan sudah berada di Jogja sejak Jumat (8/10/2021) sore. 

Kunjungan orang nomor 1 di indonesia ini tak lain untuk meluncurkan program bantuan uang tunai Rp1,2 juta bagi sejuta pedagang kaki lima dan warung kecil di Indonesia. Secara simbolis, Presiden memulai program tersebut dengan menyerahkan bantuan kepada perwakilan PKL di kawasan Malioboro Jogja. 

Penyerahan dilaksanakan pada Sabtu pagi pukul 9.00 WIB bertempat di kawasan Malioboro, tepatnya di Jalan Ahmad Yani sisi barat. Saat menyampaikan sambutan, Presiden Jokowi hanya berdiri di pinggir jalan tepatnya di depan deretan warung-warung, tanpa panggung yang didesain untuk seorang kepala negara. 

Presiden berdiri didampingi Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartanto, Gubernur DIY Sri Sultan HB X, Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti, dan pejabat lainnya. 

Baca juga: Di Malioboro, Jokowi Luncurkan Bantuan Rp1,2 Juta untuk 1 Juta PKL 

Momentum kedatangan RI 1 tersebut juga dibagikan oleh akun Instagram @merapi_uncover. "Ada yang ketemu Pak @jokowi ga tadi di Malioboro, Kunjungan bersama Sri Sultan Hamengku Buwono x hari ini Sabtu pagi 9/10/2021 pukul 09.00," tulis akun tersebut.

Bukannya menjawab bertemu atau tidak, warganet justru memberikan tanggapan lucu dalam kolom komentar. 

Dari foto yang diunggah, banyak yang menanggapi kedatangan Presiden untuk meresmikan warung soto. Hal itu dikarenakan posisi berdiri Presiden dan para pejabat, tepat berada di depan warung soto ayam. 

"Peresmian soto ayam," tulis @bovvovv.

"Kirain peresmian soto ayam," timpal @ajiccandra.

"endors soto ayam???," komentar @novii_ayyu.

"soto ayam mau pak," tutur @ismiando.

"SOTO," kata @donypm

"Soto ayame trus laris," jawab @pusposadoro. 

Ada-ada saja komentar warganet. Namun yang jelas, Presiden Joko Widodo bukan untuk meresmikan warung soto ataupun diendorse warung soto ayam ya, Presiden ke Jogja murni untuk tugas negara. 

"Pagi hari ini saya bersama pak Menko Ekonomi dan Gubernur DIY dan juga menteri lainnya serta Walikota Jogja ingin meresmikan dimulainya pemberian bantuan tunai untuk PKL dan warung kecil. Sebanyak satu juta PKL dan warung se-Indonesia nantinya akan diberikan bantuan sebanyak Rp1,2 juta oleh pemerintah," kata Jokowi. 

Sumber : Instagram