Dua Ormas Sayap Parpol Bersatu Gelar Baksos & Berkomitmen Jaga Jogja

Dua Ormas dari dua sayap partai politik yang berbeda menjalin kebersamaan dengan melakukan bakti sosial di Padukuhan Gunungduk Tuksono Sentolo Kulonprogo, Minggu (10/10/2021). - Ist.
11 Oktober 2021 10:07 WIB Media Digital Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Dua Ormas dari dua sayap partai politik yang berbeda menjalin kebersamaan dengan melakukan bakti sosial di Padukuhan Gunungduk Tuksono Sentolo Kulonprogo, Minggu (10/10/2021). Mereka berkomitmen untuk terus menjaga keamanan dan ketertiban Kota Jogja.

Kedua ormas tersebut adalah Santri Nekad Singa Kota yang berafiliasi pada PPP dan Barisan Shirataal Mustaqim Central Kota (BSM-CK) Indonesia yang berafiliasi pada PDIP.  Korlap Pengurus Pusat BSM CK Indonesia Bagus Zobeck Saputra mengatakan kegiatan ini merupakan agenda bersama kedua ormas untuk menjalin tali silaturahmi dan rasa persaudaraan. “Harapannya bisa menjadi agenda rutin bersama sehingga tetap terjalin komunikasi yang baik walau berbeda dalam afiliasi politik,” katanya dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Senin (11/10/2021).

Dewan Syuro Santri Nekad Fikar menyatakan dengan semangat kebersamaan ia mengadakan bakti sosial yang merupakan wujud kepekaan  sebagai ormas yang peduli dengan masyarakat yang membutuhkan. “Kegiatan ini dihadiri 50 pengurus pusat Santri Nekad [Sanek] dan 50 pengurus pusat Barisan Shirataal Mustaqim Central Kota Indonesia, perwakilan pengurus Laskar Kebaya Metal serta warga masyarakat padukuhan Gunungduk Tuksono, kecamatan Sentolo, kabupaten Kulon Progo dengan nuansa keakraban, kekeluargan dan tetap menjaga protokol kesehatan,” kata Fikar.

“Kegiatan ini sangat bagus sekali dalam menjaga Jogja tetap kondusif dan gebrakan bagus dalam terjalinnya hubungan positif antar ormas yang berbeda afiliasi politik khususnya di Yogyakarta,” ujar Seno tokoh masyarakat DIY.

Apresiasi serupa juga disampaikan oleh Siti Lestari dari Kebaya Metal. “Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini karena sesuai dengan semangat Pancasila yang selalu kami gaungkan, yaitu semangat persatuan dan kemanusiaan yang adil dan beradab,” kata Siti.

Ketua Umum Santri Nekad Singa Kota Heri Pezex mengatakan, dengan semangat persaudaraan kami bersama sama dengan BSM Central Kota Indonesia sepakat menjalin tali silaturahmi meski pun berbeda afiliasi politik. Ia pun bersepakat saling menjaga Jogja agar tetap aman.

“Agar selalu nyaman dan aman bagi masyarakat tentunya dengan saling berkoordinasi dengan pihak terkait seperti pemerintah, TNI dan Polri,” ujarnya.

Jimmy Asmoro ketua umum BSM Central Kota Indonesia menambahkan tujuan kegiatan ini merupakan bukti nyata kedua ormas dalam memberikan perhatian kepada masyarakat Yogyakarta. Khususnya dalam kesempatan ini masyarakat di wilayah Salamrejo, Kulonprogo dengan memberikan bantuan sembako.

“Untuk ke depannya kami sepakat untuk terus menjalin komunikasi dan tali silaturahmi agar terjalin hubungan yang positif dan baik sehingga bisa bersama-sama menjaga Jogja beserta pemerintah, TNI dan Polri. Kami akan menjadi garda terdepan untuk menjaga Yogyakarta tercinta ini,” katanya.