UAD Mendukung Green Campus lewat Fun Bike

Peserta UAD Fun Bike berfoto bersama, Minggu (17/10). (Harian Jogja - Jumali)
18 Oktober 2021 08:07 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Sebanyak 50 orang terdiri dari dosen, mahasiswa dan civitas akademika Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengikuti UAD Fun Bike Kick Off Submit UI Green Metrics, Minggu (17/10) pagi. Kegiatan fun bike tersebut digelar sebagai upaya mendukung mendukung program green campus.

Ketua Panitia UAD Fun Bike Aliftama mengatakan para peserta akan menyusuri jalan dan rute yang telah ditentukan. Dimulai dari Kampus 4 UAD yang berada di Jalan Ring Road Selatan menuju kampus UAD lainnya dan finish di Kampus 4 UAD. "Jarak yang ditempuh kira-kira 5 kilometer," katanya Aliftama di sela-sela kegiatan, Minggu.

Menurut Aliftama, kegiatan yang digelar kali ini adalah rangkaian untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan asri. Sebelumnya, pada April lalu, civitas UAD telah menggelar penanaman pohon di Kampus 4. Penanaman pohon di lingkungan Kampus UAD itu juga untuk mendukung program Green Campus.

"Selain itu, saat ini UAD concern untuk melakukan program-program yang mendukung terciptanya lingkungan hijau yang sehat," katanya.

Kepala Biro Sarana dan Prasarana UAD Zahrul Mufrodi mengatakan ke depan UAD juga tengah menyiapkan botanical garden yang akan diisi dengan tumbuhan-tumbuhan langka.  Selain itu, UAD saat ini telah meminimalkan penggunaan energi, salah satunya dengan melakukan pengolahan limbah air dan memanfaatkan energi alam sebagai pendingin ruangan.  "Kemudian juga ada pengolahan sampah organik oleh tim UI Green Matrics UAD," ucapnya.