Dikeluhkan Warganet, Lampu Bangjo Depan Galeria Langsung Diperbaiki

APILL di simpang empat Galeria Mall Jogja. - Ist/tangkapan layar facebook video Zendy Syahrial di grup ICJ
20 Oktober 2021 22:08 WIB Nina Atmasari Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Setelah muncul keluhan dari warganet, alat pemberi isyarat lalu lintas (APILL) atau yang biasa disebut bangjo di depan Galeria Mall Jogja langsung diperbaiki. Lampu bangjo itu pun kini sudah menyala kembali setelah mati beberapa hari.

Matinya lampu bangjo itu salah satunya dikeluhkan oleh warganet melalui media sosial Facebook, yakni di grup Info Cegatan Jogja (ICJ). Akun bernama Zendy Syahrial membagikan informasi di grup yang beranggotakan 1,1 juta akun tersebut pada Selasa (19/10/2021) pagi.

Akun tersebut mengunggah sebuah video tentang kondisi lalu lintas perempatan depan Galeria Mall Jogja, tepatnya di jalan dari Lempuyangan. Video yang diambil saat berhenti di lampu bangjo itu menunjukkan bahwa lampu APILL tersebut tidak menyala. Meski lampu berwarna merah tidak menyala, tampak kendaraan berhenti saat kendaraan dari arah timur (Jl. Solo) melaju.

Akun itu pun menggambarkan lebih rinci tentang matinya lampu tersebut, yang menurutnya berbahaya.

"Permisi mau tanya, apakah lampu apill (bangjo) di perempatan Galeria yang dari arah selatan itu memang dimatikan? Sudah lebih dari seminggu kalon saya lewat nggak nyala sama sekali. Sebelumnya yang nyala hanya warna hijaunya saja.
Menurut saya cukup membahayakan, apalagi yg dari arah jalan solo biasanya kalau ijo kendaraanya kencang2," tulisnya.

Bahkan, akun tersebut mengaku telah berupaya melaporkan matinya lampu tersebut melalui virtual yakni telepon dan media sosial.

"3hr yg lalu saya sudah mencoba telfon nomer aduan yang tertempel di tiang bangjo nya. Tapi tidak diangkat. Sudah coba komen di akun instagramnya dishub diy juga tidak direspon..." tambahnya.

Postingan tersebut kemudian menjadi viral. Dalam beberapa jam, postingan tersebut dikomentari oleh 135 warganet dan disukai oleh 300 warganet.

Selang beberapa jam setelah muncul postingan itu, akun instagram Dinas Perhubungan (Dishub) DIY membagikan unggahan foto perbaikan lampu bangjo tersebut.

Unggahan di Instagram Story itu menunjukkan kolase tiga foto perbaikan lampu bangjo tersebut serta foto yang menunjukkan bahwa lampu merah sudah menyala kembali.

"Perbaikan lampu APILL simpang galeria," tulis akun Dishub DIY dalam keterangannya.

Nah, saat ini, lampu tersebut pun sudah berfungsi kembali.