Raih WTP 10 Kali, Pusat Memberikan Penghargaan kepada Pemkab Sleman

Kepala Kepala Kanwil DJPb Provinsi DIY Arif Wibawa menyerahkan penghargaan dari Menkue kepada Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo di dampingi Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa dan Sekda Sleman Harda Kiswaya, di Aula lantai III Setda Sleman, Senin (25/10/2021)-Harian Jogja - Abdul Hamid Razak
25 Oktober 2021 19:27 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Pemerintah Kabupaten Sleman meraih penghargaan dari Menteri Keuangan karena dinilai berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sebanyak 10 kali berturut-turut.

Kepala Kanwil DJPb Provinsi DIY Arif Wibawa mengatakan penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi dari Menkue atas penyelenggaraan prinsip akuntansi keuangan dengan tepat dan akuntabel. Pemkab Sleman, katanya, telah melaksanakan pengelolaan keuangan daerah sesuai dengan prinsip tata kelola dan good governance yang baik dan benar sehingga LKPD dapat disusun dengan akurat dan berhasil meraih opini WTP.

Ia juga mengapresiasi kepada Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Sleman yang berkontribusi besar dalam memberikan data yang update dan akurat. Kajian dan Laporan Keuangan yang diserahkan BKAD disusun dengan baik dan menjadi bahan masukan atau pertimbangan penting bagi pimpinan Kementerian Keuangan dalam pengambilan keputusan atau kebijakan yang berhubungan dengan keuangan daerah.

BACA JUGA: Tabrakan Kereta LRT Terjadi Saat Uji Coba

Arif berharap ke depan, sinergi antara Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi DIY dengan Pemkab Sleman dapat terus terjalin dengan baik. "Kami menyampaikan ucapan selamat dan apresiasi kepada Pemda Kabupaten Sleman atas keberhasilannya meraih Opini WTP selama 10 tahun berturut-turut," katanya, Senin (25/10/2021).

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Keuangan dan Kanwil Dirjen Perbendaharaan DIY atas penghargaan WTP yang diberikan. "Apresiasi ini sebagai wujud nyata komitmen Pemkab Sleman dalam menyajikan laporan keuangan yang akuntabel dan transparan," ungkap Kustini.

Pencapaian atas diperolehnya WTP 10 kali berturut turut ini juga tidak terlepas dari upaya dan komitmen seluruh kepala OPD di Lingkungan Pemkab Sleman. Untuk itu, Kustini juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh kepala perangkat daerah atas dukungan dan kerjasamanya sehingga Pemkab Sleman kembali meraih opini WTP.

Penghargaan yang diberikan oleh Menkue, lanjut Kustini, diharapkan dapat lebih mendorong Pemkab untuk meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan khususnya penyusunan LKPD, yang transparan, akuntabel dan professional untuk mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang baik.