Advertisement

Taman Pintar Kembali Buka, Ribuan Orang Telah Berkunjung

Sirojul Khafid
Rabu, 27 Oktober 2021 - 07:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Taman Pintar Kembali Buka, Ribuan Orang Telah Berkunjung Taman Pintar Yogyakarta. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA– Wahana edukasi Taman Pintar kembali beroperasi sejak 20 Oktober 2021. Pada 20-24 Oktober 2021, sudah ada sekitar 3.000 orang yang berkunjung.

Menurut Kepala Seksi Kerjasama dan Pemasaran Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayaan) Kota Jogja, Karmila, sejak adanya status PPKM Darurat di DIY, Taman Pintar belum pernah beroperasi lagi.

Advertisement

Selain bisa beroperasi setelah adanya penurunan PPKM ke level 2, Taman Pintar juga sudah memperoleh sertifikat CHSE dan QR Code PeduliLindungi. “Semua wahana sudah dibuka, kecuali wahana PAUD dan beberapa alat peraga interaksi atau yang banyak disentuh, kami belum bisa membuka wahana tersebut," kata Karmila, Senin (25/10/2021).

Lantaran masih berada di masa pandemi, pengunjung yang hendak berwisata ke Taman Pintar perlu mematuhi beberapa persyaratan. Sebelum memasuki area Taman Pintar, masyarakat wajib cek suhu tubuh, scan barcode PeduliLindungi, menuliskan identitas, dan mencuci tangan dengan sabun. Meski sudah beroperasi, pengelola masih membatasi pengunjung. Sementara ini, kapasitas pengunjung baru 25 persen atau 750 orang perharinya.

Setelah melakukan pengecekan dan persyaratan masuk, pemandu akan mendampingi pengunjung yang berada di dekat alat peraga, terutama yang membutuhkan pengoperasian khusus. “Selain itu sudah ada QR Code virtual guide di beberapa alat peraga yang sudah bisa diakses pengunjung untuk mengetahui informasi mengenai alat peraga tersebut," kata Karmila. “Harapannya tentu saja agar pandemi dapat segera terlewati dan pariwisata di Jogja kembali bangkit."

Pengunjung bisa mengakses Taman Pintar setiap hari Selasa sampai Minggu serta hari libur nasional pada pukul 08.30-16.00 WIB. Untuk hari Senin, hanya waktu-waktu tertentu saja Taman Pintar beroperasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 2 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Ungkap Mantan Kepala Bea Cukai Jogja Lakukan Pencucian Uang Capai Rp20 Miliar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement