AstraZeneca Hampir Kedaluwarsa, Pemda DIY Distribusikan Vaksin hingga ke Jateng

Ilustrasi Vaksin COVID-19. - FOTO ANTARA /Irwansyah Putra
27 Oktober 2021 21:47 WIB Ujang Hasanudin Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-Pemda DIY mendistribusikan vaksin AstraZeneca yang akan berakhir masa kadaluwarsanya akhir bulan ini ke sejumlah kabupaten dan kota di DIY dan juga beberapa wilayah di Jawa Tengah.

Ketua Tim Percetapan Vaksinasi DIY, Sumadi mengatakan DIY mendapatkan sebanyak 100.000 dosis vaksin AstraZeneca dari Kementerian Kesehatan. Vaksin tersebut akan berakhir masa kadaluwarsanya pada akhir bulan ini atau 31 Oktober.

Untuk menghabiskan vaksin tersebut pihaknya langsung mendistribusikan vaksin tersebut ke kabupaten dan kota di DIY. Namun masih ada sisa sehingga dikirimkan ke sejumlah wilayah di Jawa Tengah yang dekat dengan DIY.

“Sudah kita distribusikan ke kabupaten dan kota di DIY, terus kabupaten sekitar DIY, ada Klaten, Magelang, Purworejo, dan hari ini Pacitan. Sudah selesai [pendistribsian vaksin] hari ini,” kata Sumadi, saat ditemui di Kompleks Kepatihan, Rabu (27/10/2021).

Sumadi mengatakan pendistribusian vaksin AstraZeneca yang akan habis masa kadaluarsanya tersebut sesuai arahan dari Kementerian Kesehatan agar vaksin tersebut segera tersuntikan kepada warga yang belum mendapatkan vaksin. Saat bersamaan memang beberapa kabupaten yang dekat DIY tersebut mengajukan vaksin ke Kementerian Kesehatan kemudian diarahkan ke DIY.

BACA JUGA: Izin Vaksin Anak 12 Tahun ke Bawah Rampung Akhir Tahun

Dia memastikan semua vaksin AstraZeneca yang akan habis masa kadaluarsanya sudah terdistribusi semua. Sumadi meminta kepada pemerintah kabupaten dan kota untuk segera menyuntikan vaksin tersebut kepada warga, “Sudah klir semuanya,” ucap Sumadi.

Berbagai upaya percepatan vaksinasi sudah dilakukan dengan memanfaatkan semua unit pelayanan kesehatan di kabupaten dan kota serta vaksin jemput bola untuk lansia dan difabel. Selain itu juga bekerja sama dengan TNI dan Polri dalam percdepatan vaksinasi, “Kita maksimalkan sampai teman-teman RT dan RW kita minta untuk mendata [sapa saja yang belum divaksin],” tandas Sumadi.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan vaksin AstraZeneca hasil hibah dari luar negeri yang kini tersedia di DIY sudah mendekati masa kedaluwarsa, sehingga perlu ada percepatan penyuntikan.

“Kami sudah identifikasi, sekarang kami kejar agar Yogyakarta bisa cepat melakukan penyuntikan vaksin itu,” kata Budi dalam konferensi pers yang diikuti dari YouTube Kementerian Koordinator bidang Perekonomian di Jakarta, Selasa (26/10/2021)