Advertisement

YAKKUM & Ampuh DIY Menyerahkan Policy Brief

Media Digital
Rabu, 27 Oktober 2021 - 18:57 WIB
Maya Herawati
YAKKUM & Ampuh DIY Menyerahkan Policy Brief Suasana audiensi Pusat Rehabilitasi YAKKUM bersama Aliansi Masyarakat Sipil untuk Kesehatan Jiwa (AMPUH) DIY bersama DPRD DIY, Rabu (27/10). (ist - Pusat Rehabilitasi YAKKUM)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pusat Rehabilitasi YAKKUM bersama Aliansi Masyarakat Sipil untuk Kesehatan Jiwa (AMPUH) DIY melakukan audiensi ke Kantor DPRD DIY, Rabu (27/10). 

Audiensi bertajuk Policy Brief Investasi Membangun Ekosistem Sehat Jiwa yang Komprehensif di DIY ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2021.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Pada kesempatan itu pusat rehabilitasi YAKKUM, sebagai lembaga nonpemerintah yang bergerak pada isu pemberdayaan kesehatan jiwa berbasis masyarakat mendorong agar terwujudnya peningkatan kualitas hidup, produktivitas dan perekonomian orang dengan disabilitas psikososial yang berada di tiga wilayah setempat yakni Sleman, Kulonprogo, dan Gunungkidul.

Perwakilan dari rumah sakit jiwa (RSJ) Ghrasia, S. Rema P mengatakan, program rehabilitasi kesehatan jiwa berbasis masyarakat tidak hanya melalui pendekatan rehabilitasi medis, akan tetapi juga penting melakukan pendekatan rehabilitasi berbasis masyarakat. Praktik ini menunjukkan bahwa pendampingan kepada orang dengan disabilitas psikososial dan lingkungannya dapat meningkatkan kualitas hidup mereka dan menciptakan ekosistem yang lebih inklusif.

"Pemerintah DIY harus menjamin terwujudnya ekosistem inklusif di masyarakat sehingga penanganan kesehatan jiwa dapat berjalan optimal," katanya.

Di sisi lain, saat ini Komisi D DPRD DIY saat ini tengah menyusun pembentukan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Kesehatan Jiwa. Penyusunan regulasi daerah ini sejalan juga dengan rekomendasi kebijakan yang dilakukan oleh Biro Mental Spiritual Setda DIY, yang berdasarkan data Riskesdas 2018, DIY berada pada posisi ke dua se-Indonesia setelah provinsi Bali sebagai provinsi dengan kasus kesehatan jiwa tertinggi baik Orang Dengan Masalah Kejiwaan (ODMK) maupun Orang Dengan Disabilitas Psikososial (ODDP) atau Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Ketua Komisi D, DPRD DIY, Koeswanto mengapresiasi masukan yang dilakukan oleh Pusat Rehabilitasi YAKKUM bersama AMPUH DIY dalam audiensi tersebut. (ADV)

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Canggih! Bola Piala Dunia Qatar Dilengkapi Sensor, Bisa Dicharge Layaknya Smartphone

News
| Jum'at, 02 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Punya 100 Gerbong, Kereta Api Ini Mampu Meliuk di Pegunungan Alpen

Wisata
| Kamis, 01 Desember 2022, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement