Vaksin Dosis Kedua untuk Wanita dan Ibu Hamil

Kegiatan vaksinasi di Pendopo Agung Ambarrukmo, Senin (25/10/2021). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo
31 Oktober 2021 04:37 WIB Herlambang Jati Kusumo Sleman Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Lintas stakeholder mendukung percepatan vaksinasi Dosis 2 khusus untuk wanita dan ibu hamil. Vaksinasi ini menarget 1.000 dosis, dan diselenggarakan di Pendopo Agung Ambarrukmo, Senin (25/10/2021).

Kegiatan ini diselenggarakan Puro Pakualaman bersama Viva Cosmetic, Korem 072 Pamungkas, serta berkolaborasi dengan 5 organisasi wanita se-DIY (PKK DIY, Bhayangkari, Dharma Pertiwi, DWP, dan BKOW), RS DKT serta Ambarrukmo Group, Kelompok Relawan SONJO yang di dalamnya tergabung dari FKKMK UGM, Farmasi UGM, Relawan Regol, tim antar jemput disabilitas yang terdiri dari MCCC, YAKKUM, Meridian, NU Peduli, DIFFAGANA, BAGUNA, PPDI, OHANA.

Vaksinasi Dosis 2 mendapat kunjungan dari Ketua Tim Penggerak PKK DIY, GKR Hemas, Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo dan putra Wakil Presiden RI, Gus Syauqi Ma'ruf Amin. “Yogyakarta sudah mencapai 91 persen untuk vaksinasi dosis 1, dan 62 persen untuk dosis 2. Tentu ini merupakan pencapaian yang baik, untuk anak usia sekolah juga masih perlu kita kejar untuk dapat segera mencapai target percepatan vaksin di Yogyakarta,” ucap GKR Hemas.

Gus Syauqi mengatakan dengan dilaksanakan percepatan vaksin ini akan sangat membantu pemerintah mengingat pergerakan vaksinasi di DIY ini menjadi gerakan yang luar biasa yang didukung oleh banyak pihak, termasuk para relawan yang tergabung di relawan Sonjo sehingga dharapkan agar sedapat mungkin masyarakat terlindungi dan segera Covid-19 ini menjadi endemi.

Baca juga: Target Vaksinasi Terancam Tak Tercapai, Warga DIY Diminta Tidak Pilih-pilih

Direktur PT Moga Djaja, Yusuf Wiharto sebagai donatur kegiatan vaksinasi ini menegaskan, upaya kolaborasi seperti ini akan terus dilakukan agar dimensi vaksin dapat menjangkau banyak tempat. Selain itu, percepatan pemulihan kesehatan masyarakat dan herd immunity juga bisa segera tercipta lewat masifnya vaksin. Hal tersebut demi membentuk antibodi terhadap virus Covid-19 secara optimal.

”Ini semua gratis untuk wanita dan ibu hamil yang telah melakukan vaksin Sinovac dosis pertama. Mereka tinggal datang saja kesini dan membawa kartu vaksin dosis 1,” jelas Yusuf.

Terlebih lagi, ibu hamil merupakan golongan yang rentan terinfeksi virus Corona. Sehingga vaksinasi terhadap mereka sangat penting untuk segera dilakukan. ”Percepatan vaksinasi tidak bisa jika hanya dilakukan oleh pemerintah saja. Dalam hal ini perlu adanya partisipasi dari semua sektor. Mulai pemerintah, swasta, sampai organisasi masyarakat harus bergandengan tangan untuk bisa bersama-sama menggerakkan para ibu hamil agar datang ke pos vaksin,” ujarnya.

Ambarrukmo Group sebagai pendukung kegiatan-kegiatan vaksin di Yogyakarta sangat bangga dapat menjadi bagian dari percepatan vaksinasi di Yogyakarta, dan dengan senang hati terus mendukung kegiatan vaksinasi dengan menyediakan tempat bagi siapapun yang memiliki niat tulus menyelenggarakan vaksinasi. Sejauh ini Ambarrukmo Group telah membuktikan dengan banyaknya kegiatan vaksinasi yang telah terlaksana di Pendopo Agung Ambarrukmo dan membantu masyarakat terfasilitasi dengan baik.