Advertisement

Cek! Tarif Swab PCR Terbaru Laboratorium di Jogja

Abdul Hamied Razak
Kamis, 04 November 2021 - 09:27 WIB
Sunartono
Cek! Tarif Swab PCR Terbaru Laboratorium di Jogja Ilustrasi - Pixabay

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Ketentuan pemerintah terkait tarif tes usap Polymerase Chain Reaction (PCR) dipatuhi oleh para penyedia jasa layanan tersebut. Salah satunya oleh jaringan nasional laboratorium Intibios Lab.

Direktur PT Intibios Jogja, Thomas Handojoyo mengatakan Intibios sudah menyesuaikan biaya tes PCR sesuai ketetapan pemerintah sejak ketentuan tersebut ditetapkan. "Untuk biaya PCR Rp275.000 dan antigen Rp95.000," katanya saat dikonfirmasi Harian Jogja, Rabu (3/11).

Advertisement

Diketahui, pemerintah telah menetapkan batas tarif tertinggi tes PCR sebesar Rp 275.000 untuk wilayah Jawa dan Bali serta Rp300.000 untuk daerah lain di seluruh Indonesia. Untuk hasil laboratorium tes PCR, bisa keluar dalam waktu sehari atau maksimal 24 jam dan terintegtasi dengan aplikasi Peduli Lindungi.

Meskipun tarif PCR diturunkan, kata Handojoyo, tidak ada peningkatan warga untuk melakukan tes PCR. "Layanan sama saja (tidak ada lonjakan permintaan)," katanya.

Hal senada disampaikan Manager Pelayanan Rumah Sakit JIH Jogja, Febriana Endah Sari. Menurutnya, tarif PCR saat ini sudah menyesuaikan dengan Surat Edaran Direktur Jenderal Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan dan mulai berlaku efektif pada Rabu, 27 Oktober 2021.

"Tarif PCR di JIH sudah sesuai ketentuan pemerintah. Swab PCR hanya Rp275.000 dan hasilnya keluar dalam waktu 24 jam. Kalau mau hasil lebih cepat bisa langsung menghubungi kami," kata Febri.

Harga tersebut, katanya, sudah termasuk hasil lab dan surat keterangan dokter. Hasil tes PCR juga dikirim melalui email atau nomor WhatsApp serta terintegrasi dengan aplikasi Peduli Lindungi. "Penyesuaian tarif ini berlaku sejak 29 Oktober lalu, jadi tes PCR lebih hemat dan tetap akurat," katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement