Advertisement

Tol Jogja-YIA Kembali ke Desain Awal, Ini Permintaan Sultan

Jumali
Jum'at, 05 November 2021 - 17:17 WIB
Bhekti Suryani
Tol Jogja-YIA Kembali ke Desain Awal, Ini Permintaan Sultan Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dipastikan akan menyelesaikan Izin Penetapan Lokasi (IPL) proyek jalan tol Solo-Jogja-Yogyakarta Internasional Airport (YIA) untuk sesi I dan sesi II.

"Untuk sesi I dan II yang sampai Sleman kan sudah selesai. Yang lainnya secara teknis akan kami selesaikan," kata Dirjen Bina Marga PUPR Hedy Rahadia, Jumat (5/11/2021).

Advertisement

Hedy mengungkapkan sejauh ini tidak ada kendala berarti terkait IPL baik sesi I, II dan III. "Terima kasih pak Sultan karena sudah sangat mendukung dalam hal ini," lanjut Hedy.

Sementara Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian PUPR, Danang Parikesit mengatakan pada trase III kemungkinan besar akan kembali ke desain awal. Hanya saja, Danang enggan mengungkapkan terkait perubahan desain tersebut.

BACA JUGA: Usai Temui Putra Mahkota Abu Dhabi, Jokowi Bawa Oleh-oleh Investasi Rp468 Triliun

"Pada ujungnya kan menunggu IPL. Pembahasan kita kembali ke trase awal. Jogja-Kulonprogo kan at grade," katanya.

Danang menambahkan, pihaknya juga telah mendapatkan pesan khusus dari Gubernur DIY Sri Sultan HB X. Sultan meminta agar ada integrasi jalan tol dengan pengembangan ekonomi daerah. Keberadaan tol bisa mengembangkan ekonomi daerah.

"Mana-mana daerah yang akan dikembangkan DIY, konsepnya seperti apa? Misal rest area akan seperti apa? Bagaimana UKM-UKM yang telah diseleksi dan bisa masuk ke rest area kita," ucapnya.

Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Dispertaru) DIY Krido Suprayitno mengatakan sampai kini Pemda DIY masih menunggu dokumen penetapan lokasi dari Dirjen Bina Marga.

"Kami dari Pemda menunggu. Sehingga proses yang ada berdasarkan dokumen yang dimaksud. Dan, beliau mengatakan secepatnya, karena mendesak," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Amerika Serikat Bungkam Soal Rencana Balasan Israel ke Iran

News
| Selasa, 16 April 2024, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement