Advertisement

Musim Hujan Datang, Harga Cabai Merah Keriting Mulai Naik

Catur Dwi Janati
Jum'at, 12 November 2021 - 10:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Musim Hujan Datang, Harga Cabai Merah Keriting Mulai Naik Penjual cabai rawit merah di Pasar Wates, Senin (27/1/2020). - Harian Jogja/Lajeng Padmaratri

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL-Memasuki musim hujan, harga sejumlah kebutuhan pokok mengalami kenaikan. Minyak goreng dan cabai jadi dua komoditas yang harganya mulai merangkak.

Kepala Seksi Distribusi dan Harga Barang Kebutuhan Pokok, Dinas Perdagangan Bantul, Zuhriyatun Nur Handayani memyampaikan bila secara umum harga beberapa bahan pokok (bapok) cenderung stabil. Meski demikian perempuan yang disapa Nani itu tak menampik ada beberapa bapok yang mulai mengalami kenaikan harga.

Advertisement

"Untuk perkembangan harga di awal bulan November secara umum stabil. Meskipun ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan. Komoditas yang mengalami kenaikan harga di pekan ini dibanding pekan lalu antata lain minyak goreng rata-rata Rp17.500 per liter, naik Rp500 per kilogram," tuturnya pada Kamis (11/11/2021).

Dituturkan Nani kenaikan harga minyak goreng terjadi kaeena harga bahan baku yang naik. "Untuk minyak goreng kenaikan disebabkan karena harga bahan baku [CPO] juga naik, mengikuti harga CPO internasional," terangnya.

Baca juga: Pemerintah Janji Bersihkan Lapas Narkotika di Sleman dari Penyiksaan Napi

Kenaikan harga juga terjadi di komoditas gula pasir Rp12.300 per kilogram. Kenaikan komoditas gula disebutkan Nani di kisaran harga Rp200 per kilogram. "Meski naik harga gula juga masih aman, harga masih dibawah HET," tandasnya.

Sementara itu komoditas cabai merah keriting saat ini juga tengah naik. Kenaikan harga mencapai Rp32.000 per kilogram. Harga tersebut naik jauh sekitar Rp 8.800 dari pekan sebelumnya. "Untuk cabai lebih karena faktor musim, tapi harga segitu masih normal atau wajar," tandasnya.

"Untuk komoditas yang lain harganya masih stabil atau normal di antaranya beras Rp9.400 per kilogram, daging sapi Rp125.000 per kilogram, daging ayam Rp32.300 per kilogram, telur ayam Rp20.000 per kilogram, bawang merah Rp22.000 per kilogram dan bawang putih Rp. 26.000 per kilogram," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Darurat, Kasus Demam Berdarah di Amerika Tembus 5,2 Juta, 1.800 Orang Meninggal

News
| Jum'at, 19 April 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement