Vaksinasi Covid-19 di DIY Bakal Menyasar 240.000 Anak Usia 6-11 Tahun

Vaksinasi pelajar SMP dan SMA Budi Utama, Sinduadi, Mlati, Sleman, Rabu (14/7/2021)-Harian Jogja - Gigih M Hanafi
15 November 2021 17:57 WIB Jumali Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Pemerintah Daerah (Pemda) DIY masih menunggu kejelasan penyaluran vaksin Sinovac untuk anak usia 6-11 tahun dari Pemerintah Pusat. Meski demikian, sejumlah persiapan telah dilakukan oleh Pemda DIY terkait rencana vaksinasi terhadap anak.

Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan sampai saat ini pihaknya masih menunggu informasi lanjutan terkait vaksinasi terhadap anak usia 6-11 tahun. Awalnya, ada informasi jika vaksinasi terhadap anak dengan menggunakan vaksin Sinovac akan mulai digelar awal 2022.

"Saya sudah bertanya. Hanya saja, katanya nanti tunggu informasi dari kami [pemerintah pusat]," kata Aji, Senin (15/11/2021).

Sementara Ketua Tim Percepatan Vaksinasi DIY Sumadi mengatakan, mengacu pada informasi awal terkait vaksinasi anak 6-11 tahun yang akan digelar 2022, maka pihaknya bersmaa dengan Disdikpora DIY telah melakukan sejumlah persiapan. Di mana, berdasarkan pendataan yang dilakukan Disdikpora DIY ada sebanyak 240.000 anak usia 6-11 tahun yang akan menjadi sasaran vaksinasi.

BACA JUGA: Cek Besaran Kuota Internet Gratis Kemendikbud Tahap 3!

"Dan kuota ini telah dilaporkan ke Dinkes agar segera dimintakan ke pusat nantinya. Karena Kemenkes juga masih menunggu kedatangan vaksin Sinovac," katanya.

Jika vaksin telah ada pada akhir Desember, Sumadi memastika pihaknya akan langsung bergerak cepat melakukan vaksinasi kepada anak berusia 6-11 tahun. Vaksinasi akan dilakukan awal 2022 dan langsung di sekolah-sekolah dengan melibatkan guru pendamping dan tenaga kesehatan.

"Untuk yang homescholing nanti mungkin bisa ke sentra vaksinasi. Jika sehari bisa sekitar 30.000 orang divaksin, maka kami perkirakan sebulan selesai untuk dosis pertama," katanya.