Bea Cukai Yogyakarta Umumkan Pemenang Lomba E-Mading

Pemenang lomba e-mading yang diselenggarakan Bea Cukai Yogyakarta - Ist
16 November 2021 09:27 WIB Media Digital Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-Setelah selama dua minggu para siswa SMA menumpahkan kreativitasnya dalam berpartisipasi dalam lomba E-Mading yang diselenggarakan oleh Bea Cukai Yogyakarta, tiba saatnya Final Day untuk penentuan juara 1, 2, dan 3.

Acara Final Day ini dikemas melalui Seminar Kepabeanan yang bertujuan mengenalkan Bea Cukai kepada seluruh peserta dan dalam rangka menumbuhkan semangat ekspor serta mendukung UMKM sejak dini.

Acara ini terselenggara dengan adanya kolaborasi antara Direktorat Kepabeanan dan Antar Lembaga (KIAL) dan Bea Cukai Yogyakarta. Acara ini dihadiri oleh 15 besar peserta lomba E-Mading dengan jumlah total peserta 64 siswa SMA dan guru pendamping yang diselenggarakan pada hari Kamis (11/11/2021)di Rumah Makan Talan Pring Sewu Sleman, Yogyakarta.

Dibuka langsung oleh Kepala Kantor Bea Cukai Yogyakarta, Hengky Aritonang, para peserta diajak untuk mengenal lebih dalam apa itu Bea Cukai dan mengajak para siswa SMA untuk dapat bergabung dengan Bea Cukai di masa depan. Acara dilanjutkan dengan seminar terkait Tugas dan Fungsi DJBC serta Pengantar Ekspor-Impor yang disampaikan oleh Bimo Adisaputro selaku Pemeriksa Bea dan Cukai (PBC) Ahli Pertama KPPBC TMP B Yogyakarta.

Seminar selanjutnya disampaikan oleh Kurniawan Setiyadi PBC Ahli Pertama KPPBC TMP B Yogyakarta dengan materi Dukung Pemulihan Ekonomi Nasional, Bea Cukai Dorong Ekspor UMKM. Acara dikemas dengan cukup menarik oleh 2 Master of Ceremony (MC) kondang Bea Cukai yaitu Erina Mutiara dan Duzky Prasetya yang dapat membawakan acara dengan aktif.

Setelah sesi seminar, acara dilanjutkan dengan pengumuman 10 besar lomba E-Mading dan presentasi oleh para peserta untuk penentuan juara 1, 2, dan 3. Presentasi tersebut langsung dinilai oleh para juri yang datang langsung ke venue acara yaitu Kepala Subdirektorat Komunikasi dan Publikasi Direktorat KIAL, Tubagus Firman Hermansjah, Kurniawan Setiyadi, dan Ahmad Farid Al Husain, Pelaksana Pemeriksa Kantor Wilayah DJBC Jawa Tengah dan DIY.

"Semoga dengan diadakannya kegiatan ini, para siswa dan bapak/ibu guru jadi lebih mengenal bea cukai sekaligus dapat mengembangkan minat dan bakatnya di bidang jurnalistik. Selain itu, dengan diadakannya Lomba E-Mading bertemakan 'Dukung PEN Program PEN, Bea Cukai Dorong Ekspor UMKM', para peserta secara tidak langsung telah turut berperan aktif dalam mendukung dan menggaungkan Program Pemulihan Ekonomi Nasional [PEN]," tutur Kepala Kantor Bea Cukai Yogyakarta, Hengky Aritonang dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Selasa (16/11/2021). (ADV)