Kulonprogo Luncurkan Suvenir Jam Digital Berhias Nyi Ageng Serang

Ketua Deskranasda Kulonprogo, Sri Wahyu Widati Sutedjo dan Bupati Kulonprogo Sutedjo saat peluncuran suvenir khas Kulonprogo di Auditorium Taman Budaya Kulonprogo, pada hari Senin (15/11/2021). Ist - Pemkab Kulonprogo
16 November 2021 08:57 WIB Hafit Yudi Suprobo Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, WATES--Potensi lokal Kulonprogo terus digenjot Pemkab setempat untuk mendongkrak perekonomian. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan meluncurkan suvenir khas berupa jam digital berhiaskan replika pahlawan nasional Nyi Ageng Serang. Diharapkan, suvenir tersebut mampu diapresiasi oleh seluruh kalangan masyarakat di wilayah bumi binangun.

Ketua Deskranasda Kulonprogo, Sri Wahyu Widati Sutedjo, mengatakan peluncuran suvenir khas Kulonprogo diselenggarakan oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kulonprogo, didukung oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kulonprogo, Dinas Kebudayaan Kulonprogo, dan Sanggar Budaya Singgon.

"Suvenir khas Kulonprogo yang diluncurkan hari ini merupakan hasil lomba desain suvenir yang telah diselenggarakan oleh Dekranasda Kulonprogo pada bulan Agustus – Oktober 2021 kemarin. Lomba desain suvenir kali ini memilih ikon pahlawan nasional yang ada di Kulonprogo, yaitu Nyi Ageng Serang. Keluar sebagai juara pertama, Dicky Panji Ismoyo, dengan desain jam meja digital," kata Sri Wahyu di sela-sela peluncuran suvenir khas Kulonprogo di Auditorium Taman Budaya Kulonprogo, pada hari Senin (15/11/2021).

Dikatakan Sri Wahyu, lomba yang digelar oleh jawatannya tersebut bertujuan untuk menggali potensi dan kreativitas para masyarakat Kulonprogo sehingga memang pesertanya dibatasi hanya penduduk Kulonprogo.

Lebih lanjut, pembuatan replikasi suvenir khas Kulonprogo nantinya akan bekerjasama dengan koperasi di Kulonprogo sesuai dengan semangat bela-beli Kulonprogo. Ia berharap agar suvenir jam meja digital dengan ikon Nyi Ageng Serang dapat digunakan sebagai suvenir khas Kulonprogo.

“Kami mohon kepada Bupati untuk berkenan mengimbau seluruh BUMN, BUMD dan OPD di Kulonprogo untuk menjadikan suvenir Nyi Ageng Serang dalam bentuk jam meja digital ini sebagai cendera mata yang bisa digunakan pada saat menerima kunjungan tamu dari luar daerah maupun saat kita berkunjung ke luar daerah," tegas Sri Wahyu.

Peluncuran suvenir dikemas secara apik berkolaborasi dengan Sanggar Budaya Singglon. Setelah persembahan yang istimewa dari Sanggar Budaya Singglon, suvenir khas Kulonprogo secara resmi diluncurkan dengan pemukulan kentongan oleh Bupati dan jajaran. Kemudian, turut dilakukan pula penyerahan secara simbolis jam meja digital Nyi Ageng Serang dari Ketua Dekranasda Kulonprogo kepada Bupati Kulonprogo.

Bupati Kulonprogo, Sutedjo, mengatakan lomba desain suvenir khas Kulonprogo yang bertemakan pahlawan nasional Nyi Ageng Serang sebagai ikon Kulonprogo ini sebagai salah satu cara untuk menjaga, melestarikan, dan menjiwai nilai-nilai kepahlawanan.

“Dengan berbagai ungkapan, harapan, serta penghargaan kami kepada semua yang terlibat di dalam proses dan kegiatan ini, maka jam meja digital Nyi Ageng Serang saya nyatakan sebagai suvenir resmi khas Kulonprogo,” tutup Sutedjo.