Akhir Pekan, Begini Kondisi Pantai di Gunungkidul

Wisatawan berlarian saat gelombang tinggi menerjang di Pantai Baron, Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul. - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo
21 November 2021 19:17 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, WONOSARI – Destinasi wisata di Gunungkidul dipadati pengunjung. Meski demikian, sejumlah pengujung mengakui kegiatan wisata tidak ada kaitannya dengan rencana penerapan PPKM level tiga di akhir tahun.

Salah satunya diungkapkan oleh Budiarto, pengunjung asal Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Menurut dia, kedatangan ke pantai Drini, Baron dan Kukup dikarenakan ingin berwisata dengan keluarga.

“Cuma untuk menyenangkan istri dan anak,” katanya, Minggu (21/11).

Dia mengakui sekeluarga sudah diberikan vaksin sehingga tidak ada masalah saat kunjungan wisata di Gunungkidul. “Kami bersyukur semua berjalan dengan lancar,” katanya.

Hal tak jauh berbeda diungkapkan oleh Wawan, pengunjung asal Kebakkramat, Kabupaten Karanganyar. Menurut dia, acara piknik bareng satu kampun ini sudah direncanakan sejak lama. Oleh karenanya, tidak ada kaitannya dengan rencana penerapan PPKM level tiga dari pemerintah.

Pelaksanaan wisata pada Minggu dipilih karena bertepatan dengan hari libur sehingga banyak warga yang bisa ikut di kegiatan ini. “Makanya dipilih hari yang benar-benar bisa diikuti semua orang,” katanya.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II DIY, Marjono mengatakan, pada libur akhir pekan destinasi pantai di Gunungkidul ramai dikunjungi wisatawan. Hingga Minggu siang semua berjalan dengan lancar aman dan terkendali. “Untuk air sedikit pasang, jadi kami mengimbau seluruh pengunjung berhati-hati dengan meminta agar tidak bermain air ke tengah,” katanya.

Selain mengimbau tentang keselamatan berwisata, Marjono juga tidak menampik terus menyerukan untuk mematuhi protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran virus. “Kami terus mengingatkan, meski kadang ada pengunjung yang masih ngeyel saat di pantai,” katanya.