DPRD DIY Beri Alarm Antisipasi Lonjakan Covid-19 saat Libur Nataru

Ilustrasi. - Freepik
22 November 2021 07:07 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Wakil Ketua DPRD DIY Huda Tri Yudiana mengingatkan kepada semua pihak agar mengantisipasi kemungkinan terjadinya lonjakan Covid-19 saat libur Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu pemberlakuan PPKM Level 3 harus didukung demi membuat situasi Covid-19 tetap kondusif.

Huda mengatakan libur Nataru sebelumnya harus menjadi pembelajaran di akhir 2021 ini agar tidak terjadi lonjakan. Oleh karena itu semua pihak perlu melakukan antisipasi agar Covid-19 tidak melonjak.

BACA JUGA : Kasus Covid Rendah, Masyarakat Diminta Waspada Jelang Libur Nataru

“Liburan Nataru ini saya mengimbau agar semua hati-hati dan waspada. Belajar dari dua kali liburan Nataru terakhir ada lonjakan kasus sangat signifikan di dIY. Jangan sampai ini terjadi lagi dalam momentum ini,” kata Huda di DPRD DIY, Jumat (19/11/2021).

Oleh karena itu ia mendukung keputusan pemerintah pusat tentang kenaikan level menjadi PPKM Level 3 saat liburan Nataru. Kebijakan ini perlu diambil demi kebaikan bersama.

“Lebih baik kita menjaga diri beberapa hari daripada harus berhenti aktivitas beberapa bulan akibat lonjakan kasus. Belum lagi jika ada korban. Saat ini covid belum berakhir dan masih ada, meski pun kita syukuri jumlahnya sangat jauh berkurang,” ujarnya.

Ia menilai, jika tidak dikendalikan dengan ketata saat Libur Ntaru, dikhawatirkan terjadi kerumunan hebat seperti tahun sebelumnya dengan tanpa prokes, maka bukan tidak mungkin akan membuat lonjakan kasus Covid-29. “Kita sudah belajar dua tahun ini, sebab sebab kenaikan kasus sudah kita ketahui dan bagaimana mencegahnya. Wajib bagi kita mencegah kenaikan kasus dengan hati hati dan disiplin penerapan prokes,” ucapnya.