Advertisement

Potret Jogja dan Perubahannya Dibingkai lewat Pameran Museum

Sirojul Khafid
Selasa, 23 November 2021 - 21:57 WIB
Bhekti Suryani
Potret Jogja dan Perubahannya Dibingkai lewat Pameran Museum Tugu Jogja. - Harian Jogja/Holy Kartika N.S

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-- Pemerintah Kota Jogja melalui Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) menggelar pameran museum bertema Mawikara: Yogyakarta dan Perubahannya.

Bertajuk Perubahan Sosial dan Industri di Yogyakarta Abad ke-20, ada 18 museum yang meramaikan pameran ini. Seluruh peserta pameran berasal dari Forum Komunikasi Museum Kota Jogja. Selain itu, adapula Komunitas Malam Museum yang terlibat.

Advertisement

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Jogja, Yetti Martanti mengatakan pameran ini sebagai bagian dari komitmen mempromosikan museum yang ada di Kota Jogja. "Tema pameran Mawikara yang bermakna perubahan didasarkan pada fenomena masif yang terjadi di awal abad 20 di Jogja. Di mana pada masa tersebut terjadi perubahan ekonomi, sosial, dan budaya di kehidupan masyarakat Jogja," kata Yetti.

Selain tema dan koleksi, hal baru yang coba ditekankan pada pameran tahun ini adalah kekuatan narasi setiap koleksi. Narasi yang coba dibuat menarik akan membuat suasana pameran lebih hidup. Selain itu, fungsi benda koleksi menjadi bukan sebatas pajangan.

"Pameran Museum Bersama Kota Jogja ini diharapkan menjadi ruang bagi museum-museum dan komunitas museum yang ada di Kota Jogja, untuk saling berkolaborasi melahirkan gagasan dan ide baru dalam rangka menciptakan keunikan karakter museum di Jogja, baik lewat koleksi maupun narasinya," kata Yetti.

Pameran ini akan berlangsung 23-25 November 2021 di Science Theater, Taman Pintar, Gondomanan, Jogja. Pameran dibuka untuk umum pukul 09.00-16.00 WIB. Tidak ada pungutan biaya bagi pengunjung.

"Selama waktu kunjungan, pengunjung akan dipandu oleh guide yang akan membawa pengunjung seolah sedang berwisata ke awal abad ke 20 lewat koleksi-koleksi yang dipamerkan," kata Yetti.

Sebelum pameran, sehari sebelumnya diselenggarakan Focus Group Discussion dengan tema Keunikan Narasi Koleksi sebagai Keunikan Museum. Acara ini sebagai kegiatan pengantar sebelum pameran berlangsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement