Apresiasi Pemenuhan Hak Anak, KPAID Jogja Gelar KPAID Awards

Aman Yuriadijaya (kedua dari kanan) dalam acara KPAID Awards di Hotel KHAS Tugu Jogja, Selasa malam (30/11/2021). - Harian Jogja/Sirojul Khafid
01 Desember 2021 09:57 WIB Media Digital Jogja Share :

Sebagai bentuk apresiasi dalam pemenuhan dan perlindungan hak anak, Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID) Kota Jogja menggelar KPAID Awards 2021. Ada penghargaan kepada berbagai instansi dan tokoh yang dianggap berjasa dalam pemenuhan dan perlindungan hak anak.

Menurut Ketua KPAID Kota Jogja, Sylvi Dewajani, pemenuhan dan perlindungan hak anak tidak bisa dilakukan sendiri, namun perlu kerja sama semua pihak. “Ini sebuah perhelatan yang maknanya besar untuk kami. Anugerah apresiasi dari kami atas kerja sama yang luar biasa dengan berbagai pihak. Dan selama ini, ternyata program Gandeng Gendong Pemkot Jogja sangat terasa manfaatnya dalam mewujudkan Kota Ramah Anak. Ini wujud rasa syukur dan bangga atas kerja bersama yang terjalin setahun ini,” kata Sylvi dalam acara KPAID Awards di Hotel KHAS Tugu Jogja, Selasa malam (30/11/2021).

Atas kerja sama semua pihak ini pula, Pemkot Jogja menerima Anugerah KPAI Award Tahun 2021 untuk kategori Pemerintah Daerah Kota, yang memiliki komitmen terhadap perlindungan anak dan pelaporan berbasis aplikasi Sistem Informasi Monitoring dan Evaluasi Pelaporan (SIMEP) Perlindungan Anak Tahun 2021. Selain itu, tahun ini status Kota Ramah Anak Kota Jogja naik di Kategori Utama.

“Dalam prosesnya banyak kendala dan hambatan, namun tidak dirasakan sebagai sesuatu yang berat, karena dilakukan bersama,” kata Sylvi.

KPAID Awards 2021 ini merupakan yang pertama dan masih satu-satunya di Indonesia. Belum ada KPAID Awards di daerah lain. “Ini seperti sebuah kick-off, biasanya memulai perlu sesuatu keberanian, keberanian untuk salah dan belajar. Kami tidak menyesal dari kesalahan, tapi belajar banyak,” katanya. “Dalam penjaringan pemenang, dilakukan secara online. Ke depan akan kami perbaiki bersama dengan verifikasi di lapangan.”

Sekretaris Daerah Kota Jogja, Aman Yuriadijaya mengatakan apabila pembangunan anak harus berlangsung secara optimal. Acara penghargaan ini sebagai salah satu simbolis sekaligus cara memahami dengan benar, manakala pembangunan anak berjalan baik dan sesuai jalur.

“Kegiatan ini menjanjikan sebuah dimensi keterlibatan banyak pihak. Harapannya pemangku kepentingan anak mendapat sentuhan dan naluri dalam perlindungan dan pemenuhan hak anak,” kata Aman.

Apabila berbicara tentang hak anak, maka tidak lepas dari hak hidup, hak bicara, hak tumbuh, hak partisipasi, serta hak perlindungan. Pemkot Jogja selalu berupaya memenuhi seluruh hak tersebut dalam seluruh programnya.

“Pemkot Jogja berkomitmen menjadikan ini sebagai urusan penting, karena anak tidak hanya aset keluarga tapi juga aset bangsa dan negara. Salah satu contohnya, anak sudah dilibatkan sejak proses Musyawaran Perencanaan Pembangunan,” kata Aman.

Adapun para pemenang penghargaan KPAID Awards 2021 sebagai berikut. Kategori Organisasi Perangkat Daerah Ramah Anak: Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Kota Jogja; Tokoh Inspiratif Lifetime Achievement: Siti Meisaroh; Tokoh Penggerak Pendidikan Anak: Warini Witutur; Fasilitas Kesehatan Ramah Anak: RSUD Kota Jogja; Aparat Penegak Hukum Ramah Anak: Pengadilan Negeri Kota Jogja; Tokoh Perlindungan Anak: Fitri Riyanti; Kemantren Layak Anak: Kemantren Umbulharjo, Kelurahan Ramah Anak: Kelurahan Ngupasan, Kampung Ramah Anak: RW 12 Demangan; dan Forum Anak Terbaik: Forum Anak Kota Jogja. (**)