Warganet Dibuat Bingung Cara Membaca Nama Makanan Ini, Lempeng atau Lempeng?

Unggahan tentang nama makanan lempeng. - Tangkapan layar
06 Desember 2021 22:37 WIB Nina Atmasari Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-- Sebuah unggahan berisi foto makanan menjadi perdebatan di media sosial twitter. Penyebabnya bukan karena makanan itu, tetapi pada keterangan foto tersebut.

Foto makanan tersebut diunggah oleh akun twitter @JogjaUpdate. Makanan itu adalah makanan khas Jawa yang bernama lempeng. Makanan ini terbuat dari nasi yang ditumbuk kemudian dicetak tipis, dijemur dan setelah kering digoreng. Teksturnya renyah seperti kerupuk.

Hal yang menjadi perdebatan dalam unggahan ini adalah cara membaca nama makanan tersebut yaitu lempeng. Seperti diketahui, cara pengucapan huruf e ada tiga macam fonem, yaitu e pada kara besok, beras dan bebek.

Namun, dalam unggahan tersebut, meski dalam unggahan tersebut, akun @JogjaUpdate mempertanyakan cara membaca huruf e pada kata lempeng. Hal yang membuat perdebatan adalah karena akun menyebut dua kali 'lempeng" tanpa memberikan tanda khusus cara membacanya.

"Iki lempeng le moco lempeng opo lempeng?," tulisnya yang artinya "Ini lempeng cara membacanya lempeng atau lempeng?".

Unggahan pada Senin (6/12/2021) pagi ini pun menarik perhatian warganet. Warganet pun menjadi bingung tentang cara membaca huruf e pada nama makanan itu.

"kok aku mangkel ya," tulis @finandaintanl.

"sak muni-munine lah apa jare," komentar @Imontwrnow.

Namun, ada warganet yang memberikan penjelasan.

"lempeng kayak nek moco lempeng bumi," tulis @sewtiya.

Untuk diketahui, makanan ini dibaca seperti membaca kata lempeng bumi.