Pemkot Jogja Raih Anugerah Meritokrasi dari KASN

Suasana penganugerahan penilaian penerapan Sistem Merit yang digelar oleh KASN, Selasa (7/12). (ist - Humas Pemkot Jogja)
08 Desember 2021 05:17 WIB Media Digital Jogja Share :

JOGJA—Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja meraih Anugerah Meritokrasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dengan capaian penghargaan penilaian penerapan sistem Merit kategori baik.

Pemkot Jogja memperoleh skor 287,5 pada kategori Instansi Pemerintah pada Tingkat Provinsi/Kota dengan Hasil Penilaian Sistem Merit dalam anugerah yang diterima secara daring itu.

Anugerah Meriktorasi diadakan dalam rangka apresiasi atas komitmen dan dukungan dalam optimalisasi dan akselerasi penerapan Sistem Merit dalam Kebijakan dan Manajemen ASN di lingkungan instansi pemerintah. Hal ini sesuai dengan Peraturan Presiden (PP) No.18/2020 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2020-2024.

Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi mengatakan pengembangan sumber daya aparatur yang baik akan memberikan keuntungan bagi suatu organisasi. Salah satu caranya yakni dapat dilakukan dengan memberikan pendidikan dan pelatihan bagi aparatur pemerintah agar meningkatkan kompetensi dan kualitas diri

"Kami masih proses untuk pembentukan sistem karier agar tuntas jenjangnya sejak awal menjadi calon ASN. Dibanding tahun lalu skor kami juga naik," kata Heroe, Selasa (7/12).

Dia menjelaskan, nantinya proses pembentukan jenjang karier itu akan melibatkan semua calon ASN di lingkungan Pemkot Jogja. Sebelum menempati jabatan strategis, ASN akan diwajibkan untuk mengetahui terkait dengan pengenalan lapangan, sistem birokrasi dan juga tata kelola pemerintahan yang optimal. Dengan begitu, diharapkan pejabat yang ditempatkan bisa menghadirkan layanan yang optimal.

Pendampingan

Ketua KASN, Agus Pramusinto mengungkapkan bahwa KASN akan terus berusaha mempercepat penerapan Sistem Merit di Indonesia melalui pengawasan, atensi, dan pendampingan agar seluruh kementerian dan lembaga di Indonesia mampu memperbaiki penerapan Sistem Merit secara berkelanjutan.

Oleh karena itu, salah satu tujuan diadakannya acara penganugerahan ini adalah untuk membentuk konsistensi penerapan Sistem Merit yang lebih baik lagi ke depannya di setiap instansi. (adv)