DIY Siap Vaksinasi Anak 6-11 Tahun pada 24 Desember 2021, Tapi...

Foto ilustrasi: Petugas memeriksa kupon peserta vaksinasi COVID-19 yang dibagikan kepada pedagang di Pasar Tanah Abang Blok A, Jakarta, Rabu (17/2/2021). - ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
10 Desember 2021 15:17 WIB Jumali Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Pemerintah Daerah (Pemda) DIY masih menunggu petunjuk teknis dari pemerintah pusat terkait dengan rencana dimulainya vaksinasi anak umur 6-11 tahun, pada 24 Desember 2021.

Secara teknis, Pemda DIY sudah siap untuk menggelar vaksinasi anak di wilayahnya.

"Kami belum terima surat dari Kemenkes RI terkait hal itu. Tapi hari ini bu Kepala Dinas Kesehatan DIY sedang berada di Jakata, dan termasuk akan menanyakan kapan kita bisa melakukan vaksinasi anak. Baru konsultasi ke sana," kata Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Kadarmanta Baskara Aji, Jumat (10/9/2021).

Hal sama juga diungkapkan oleh Ketua Tim Percepatan Vaksinasi DIY Sumadi. Ia mengakui ada janji dari Kementrian Kesehatan RI jika vaksinasi untuk anak 6-11 tahun akan dilakukan di awal Januari. "Tapi untuk perkembangannya, kami belum dapat arahan," katanya.

Jika nantinya ada instruksi vaksinasi anak digelar mulai 24 Desember 2021, maka Sumadi menyatakan akan melihat kondisi yang ada. Kondisi tersebut mencakup ketersediaan vaksin Sinovac yang akan disuntikkan kepada anak 6-11 tahun.

"Kita masih punya Sinovac tapi peruntukannya untuk dosis kedua, dan sisa. Itu juga tidak banyak. SDM dan data anaknya sudah siap," ungkapnya.

BACA JUGA: Kapolri Tempatkan Novel Baswedan Cs di Divisi Pencegahan Korupsi

Menurut Sumadi, berdasarkan rencana awal, vaksinasi anak nantinya akan melibatkan peran dari guru. Di mana vaksinasi anak 6-11 tahun akan digelar di masing-masing sekolah dengan bantuan vaksinator dari puskesmas. "Dan, kami sudah siap untuk itu," jelasnya.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY Didik Wardaya mengatakan, saat ini vaksinasi untuk pelajar 12 tahun ke atas sudah mencapai lebih dari 90 persen.

"Sedangkan untuk anak 6-11 tahun, saat ini di DIY ada sekitar 266.000 anak. Jika dilakukan vaksinasi di sekolah, kami melihat sekolah-sekolah telah siap untuk itu,"katanya.