Kantor Bea Cukai Yogyakarta Akhiri Rangkaian Hakordia dengan Gowes Bersama

Peserta gowes bersama berfoto di kompleks Candi Plaosan setelah menempuh perjalanan dari Kantor Bea Cukai Yogyakarta, Jumat (10/12/2021). - Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati
10 Desember 2021 18:12 WIB Bernadheta Dian Saraswati Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Pabean B (KPPBC TMP B) Yogyakarta menutup rangkaian acara peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2021 dengan bersepeda atau gowes bersama, Jumat (10/12/2021). Kegiatan ini tidak hanya diikuti pegawai tetapi juga para pengguna jasa.

Rangkaian acara Hakordia yang dikemas dalam tema Bea Cukai Jogja Integrity & Service Excellent Festival (Bejo Ide Festival) ini dilaksanakan sejak 30 November 2021 hingga 10 Desember 2021. Semua kegiatan dapat diikuti oleh pegawai Bea Cukai di seluruh Indonesia.

Dhony Eko Nurcahyo selaku Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan KPPBC TMP B Yogyakarta sekaligus koordinator gowes mengatakan acara Gowes Bareng ini merupakan salah satu bentuk upaya Kantor Bea Cukai Yogyakarta untuk menjaga hubungan baik dengan para pengguna jasa. "Gowes ini diikuti sekitar 50 orang. Tidak hanya pegawai Bea Cukai tetapi juga para pengguna jasa," kata Dhony kepada Harian Jogja, Jumat.

Peserta gowes berangkat dari Kantor Bea Cukai Yogyakarta menuju Candi Plaosan, Klaten, Jawa Tengah. Sampai di candi, peserta beristirahat, berfoto bersama kemudian kembali ke Jogja.

Dengan bersepeda bersama, peserta dapat berolah raga, berwisata, sekaligus mengenal budaya. "Kami refreshing karena sejak pekan kemarin kami berkegiatan indoor, sekarang kita keluar," tutur dia.

Rangkaian Hakordia dimulai pada 30 November 2021 dengan Sharing Session, Fun Football, Workshop Fotografi dan Jurnalistik dengan narasumber dari Harian Jogja, Workshop Bahasa Isyarat, Talkshow, Launching Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju WBBM 2022 sebagai acara puncak pada 9 Desember 2021, dan ditutup dengan Gowes Bareng. Banyak acara yang dilaksanakan secara daring dalam rangka mencegah penularan Covid-19. Untuk acara tatap muka, panitia mewajibkan peserta mematuhi protokol kesehatan mulai dari tertib menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. 

Dhony berharap seluruh rangkaian acara Hakordia yang telah dilaksanakan memberikan semangat kepada para pegawai dalam memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat.

Sebagai informasi, KPPBC TMP B Yogyakarta pada tahun 2020 berhasil mendapatkan predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan pada tahun 2021 ini juga menjadi juara pertama Kantor Pelayanan Terbaik DJBC di tingkat penilaian Kementerian Keuangan. Kantor ini juga mendapatkan Indeks Kepuasan Pengguna Jasa yang semakin meningkat dari tahun ke tahun, pada tahun ini sebesar 4,96 dari skala 5 atau kategori Sangat Puas.