Vaksinasi di 5 Kapanewon di Gunungkidul Masih Rendah & Melambat

Vaksinasi di Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul, Jumat (10/12/2021). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo
11 Desember 2021 11:07 WIB Herlambang Jati Kusumo Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Vaksinasi Covid-19 di lima kapanewon di Gunungkidul dinilai masih rendah dan malah melambat. Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul berusaha mempercepat untuk mengejar target vaksinasi yang ada.

Kepala Dinkes Gunungkidul, Dewi Irawaty mengakui adanya perlambatan capaian vaksinasi. Menurutnya, capaian vaksinasi saat ini berada di kisaran 80%. Ada sejumlah kendala yang menyebabkan terjadinya perlambatan. Dewi mengungkapkan ada sejumlah kapanewon yang capaiannya masih rendah di antaranya Patuk, Semanu, Semin, Tepus, dan Saptosari.

“Mungkin warga tidak mau divaksinasi karena lokasinya menyebar sehingga perlu upaya untuk memobilisasi mereka ke sentral vaksinasi yang didekatkan bisa di kalurahan. Kami juga bekerja sama dengan BIN [Badan Intelijen Negara] DIY untuk mobilisasi,” ucap Dewi di sela-sela kegiatan vaksinasi di Kantor Dinkes Gunungkidul, Jumat (10/12/2021).

Perwakilan BIN DIY, Eko Susilo mengatakan untuk percepatan vaksinasi jajarannya bekerja sama dengan Dinkes Gunungkidul menggagas gerakan Pekan Sasar Sisir warga yang belum tervaksin. Langkah ini diambil untuk mengatasi kendala saat ini karena kesadaran masyarakat untuk vaksin di puskesmas masih kurang. Eko mengatakan sudah sejak satu pekan yang lalu, BIN merekomendasikan Dinkes menggelar vaksinasi rutin di 30 puskesmas yang ada. Ada yang melaksanakan setiap Jumat, ada yang dua kali seminggu. Namun ada juga yang menggelar Senin sampai dengan Jumat.

“Namun hasilnya masih jauh. Maka kami kejar dengan gerakan Pekan Sasar Sisir. Vaksinasi rutin di 30 puskesmas menambah capaian kisaran 0,4 persen dalam sepekan. Variatif sebenarnya, ada yang bisa menambah hingga 50 sasaran sehari. Tetapi juga ada yang hanya delapan sasaran,” ucap Eko.

Sebelumnya, Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Dinkes Gunungkidul, Fransisca Niken Widyawati mengatakan capaian vaksinasi di Gunungkidul untuk dosis pertama mencapai 83,10%, sedangkan dosis kedua 72,16% dari total 595.145 sasaran. Untuk mengejar target hingga 100%, Dinkes Gunungkidul bersama dengan stakeholder lain melakukan berbagai upaya percepatan. Dinkes Gunungkidul, telah melakukan pendataan dan akan segera mengadakan vaksinasi massal untuk menyasar daerah-daerah yang dirasa masih kurang untuk vaksinasi.