Advertisement

Gunungkidul Tetap Torehkan Prestasi di Tengah Pandemi

Media Digital
Senin, 13 Desember 2021 - 06:37 WIB
Sunartono
Gunungkidul Tetap Torehkan Prestasi di Tengah Pandemi Bupati Gunungkidul menerima penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu). - Ist.

Advertisement

Harianjogja.com, WONOSARI—Meski masih diterpa pandemi Covid-19, bukan menjadi penghalang bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul menorehkan berbagai prestasi, penghargaan.

Gunungkidul di era kepemimpinan Bupati, Sunaryanta dan Wakil Bupati, Heri Susanto masih menghadapi tantangan pandemi Covid-19. Upaya menjaga kesehatan dan menjaga ekonomi masyarakat coba dilakukan.

Sunaryanta dalam berbagai kesempatan juga mengingatkan, untuk menjaga protokol kesehatan (prokes) Covid-19, dan mendukung percepatan vaksinasi, sebagai upaya membentuk kekebalan komunal. “Masyarakat harus berpartisipasi untuk mencegah gelombang Covid-19. Selain itu, upaya vaksinasi juga akan terus digencarkan di seluruh wilayah,” ujar Sunaryanta, beberapa waktu lalu.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Menurutnya dengan kepatuhan dan kedisiplinan masyarakat dalam menjalankan prokes juga sebagai upaya mempercepat pemulihan ekonomi. “Untuk pemulihan dengan cara pengembangan ekonomi kerakyatan, kepariwisataan dan investasi. Ketiganya jadi kunci utama untuk bangkit,” ujarnya.

Berbagai upaya penanganan pandemi, baik dari sisi kesehatan maupun ekonomi yang cukup baik, Gunungkidul tetap bisa menggerakan roda pemerintahan dengan baik. Sederet penghargaan berhasil ditorehkan, selama 2021 ini.

Torehan prestasi yang ada yaitu, Top BUMD Award 2021, Sunaryanta meraih gelar TOP pembina BUMD 2021 dalam acara TOP BUMD Awards 2021 yang berlangsung Jumat (10/9/2021) malam di Dian Ballroom, Hotel Raffles, Jakarta. Ajang penghargaan diselenggarakan oleh Majalah Top Business bekerja sama dengan Institut Otonomi Daerah (i-OTDA) dan Lembaga Kajian Nawacita (LKN),  mengusung tema, Membangun Kinerja dan Layanan BUMD tetap Produktif di masa Pandemi Covid-19.

Capaian lainnya, Gunungkidul meraih Penghargaan Award Subroto 2021 dari Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk Kategori Konservasi Geologi dan Mitigasi Bencana Geologi, yang diterima pada Selasa (28/9) lalu. Pemkab Gunungkidul juga mendapat Penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ke 6 berturut dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu), dan diterima Sunaryanta di Ruang Rapat Nayottama, Sekretariat Pemkab Gunungkidul, Kamis (15/10/2021).

Gunungkidul yang tersohor pariwisatanya, juga berhasil meraih penghargaan gemilang tahun ini. Desa wisata Nglanggeran di Kalurahan Nglanggeran, Kapanewon Patuk meraih penghargaan 'Best Tourism Villages 2021' oleh United Nation World Tourism Organization (UNWTO). Torehan ini menjadi satu-satunya penghargaan yang diterima oleh perwakilan dari Indonesia.

Pariwisata dan ekonomi pada ekonomi telah bergerak di Gunungkidul, Wakil Bupati Gunungkidul, Heri Susanto, dalam kesempatan beberapa waktu lalu juga mengingatkan agar kesehatan tetap bisa terjaga. “Memang harus dijaga keseimbangan keduanya, antara ekonomi dan kesehatan. Harus ingat ini masih pandemi,” ucap Heri.

Advertisement

Edukasi dan Digitalisasi

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Gunungkidul, Wahyu Nugroho menyampaikan bahwa sesuai ketugasannya, dan instruksi Bupati, Diskominfo Gunungkidul turut mengambil peran dalam penanganan pandemi. Sebagai corong pemerintah, Diskominfo Gunungkidul memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pencegahan Covid-19.

Advertisement

Belum lama ini, Diskominfo menyabet penghargaan dalam ajang Anugerah Media Humas (AMH) yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Kamis (4/11/2021). Adapun jenis penghargaan yang diraih, yakni sebagai Pemerintah Kabupaten/Kota terbaik I untuk Kategori Media Sosial dan Pemerintah Kabupaten/Kota terbaik III untuk Kategori Website.

Menurut dia, lomba ini bertujuan untuk memperkuat peran humas pemerintah dalam menyebarkan informasi terkait program Pemkab Gunungkidul. Salah satunya berkaitan dengan penanganan pandemi Covid-19.

“Penghargaan ini memacu, memotivasi teman-teman untuk tetap semangat berkarya mengabdi, sinergitas dengan lintas instansi. Ini merupakan hasil inovasi teman-teman juga. Di tengah pandemi ini, kami mengedukasi masyarakat dalam pencegahan Covid-19, termasuk saat ini untuk mengikuti vaksinasi,” ucap Wahyu.

Di era saat ini pemanfaatan teknologi juga menjadi hal yang penting, dan merupakan keniscayaan. Diskominfo Gunungkidul pun juga berusaha mendukung pemanfaatan teknologi digital. “Infrastruktur coba kami dukung. Era saat ini semua serba digital. Kadang ada yang tanya, minta tolong juga bantu Zoom Meeting, dan sebagainya, ya coba kami bantu,” ujar Wahyu. (ADV)

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

BKKBN DIY Gelar Wisuda Ratusan Lansia

BKKBN DIY Gelar Wisuda Ratusan Lansia

Jogjapolitan | 2 hours ago

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditugasi Megawati, Puan Akan Temui AHY Meski Demokrat dan PDIP Tak Akur

News
| Selasa, 27 September 2022, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement