Ratusan Warga Depok Sleman Disuntik Vaksinasi Covid-19

Kegiatan vaksinasi massal yang digelar ACC di aula Kalurahan Condongcatur, Selasa (14 - 12).
14 Desember 2021 14:47 WIB Bernadheta Dian Saraswati Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Guna mendukung program percepatan vaksinasi Covid-19 di DIY, sebanyak 500 orang warga Caturtunggal dan Condongcatur, Kapanewon Depok mengikuti vaksinasi massal di aula Kalurahan Condongcatur, Selasa (14/12/2021). 

Kepala UPT Puskesmas Depok 2, Sri Mujianto kegiatan vaksinasi Covid-19 massal ini dilaksanakan di Kantor Kelurahan Condongcatur didukung oleh 16 orang petugas Puskesmas ditambah Karang Taruna setempat. "Jumlah sasaran hari ini sekitar 500 orang yang belum menerima vaksinasi Covid-19," katanya di sela-sela kegiatan, Selasa.

Sampai saat ini, lanjut Mujianto, masih ada sekitar 1.000-1.200 warga wilayah Puskesmas Depok 2 yang belum divaksin. Dia menjelaskan, kegiatan vaksinasi yang digelar bersama Astra Credit Companies (ACC) itu dilakukan untuk meningkatkan jumlah penerima vaksin dan percepatan vaksinasi di DIY. "Semoga dengan kegiatan vaksinasi massal ini capaian vakasinasi Covid-19 bisa 100 persen," harapnya.

Kendati sudah divaksin, masyarakat tetap diminta untuk patuh terhadap protokol kesehatan atau prokes. Sebab prokes menjadi aspek penting bagi masyarakat untuk mencegah penularan virus Covid-19. 

Baca juga: Sistem Kekebalan Bayi Lebih Kuat dari Orang Dewasa

Area Manager AR Jawa Tengah ACC Bambang Edi Kusnawan mengatakan program percepatan vaksinasi Covid-19 di DIY ini merupakan wujud kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) ACC. Selain melaksanakan vaksinasi massal, ACC juga membagikan paket sembako untuk seluruh peserta vaksinasi.

"Selama pandemi Covid-19 ini, kegiatan CSR ACC memang dikhususkan untuk membantu pemerintah dalam pencegahan dan penanggulangan wabah Covid-19," ujar Bambang didampingi Mantias Setyadji selaku BM ACC Jogja dan Gusti Leony selaku Corporate Strategic Head ACC.

Sebelumnya, kata Bambang, ACC memberikan bantuan berupa dua unit ventilator untuk masyarakat Yogyakarta yang diterima langsung oleh Gubernur Sri Sultan Hamengkubuwono X. Ventilator merupakan alat bantu pernapasan yang merupakan salah satu komponen vital dalam menunjang hidup pasien Covid-19 yang tengah dalam kondisi kritis. 

"Pemberian bantuan ventilator ini untuk mendukung upaya tenaga medis di rumah sakit. Selain memberikan bantuan ventilator, kami juga memberikan dukungan berupa sembako untuk masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid-19 serta memberikan bantuan berupa alat kesehatan untuk Rumah Sakit Panti Rapih," katanya.

ACC saat ini tengah melakukan pembangunan gedung ACC Digital Operation Center seluas 1.647 meter persegi di Jalan Pringgodani I A, Sleman. Gedung berlantai 8 ini akan menjadi pusat kegiatan digital di ACC. Mulai dari Operation Center, Telephony Center dan Techno Center yang akan membantu proses bisnis pembiayaan di ACC. 

"Biaya investasi pembangunan Gedung ACC Digital Operation Center ini lebih dari Rp70 Miliar dan diperkirakan akan menyerap sekitar 400 tenaga kerja tetap dan lepas sehingga diharapkan juga dapat menjadi salah satu pusat penyerapan tenaga kerja di DIY dan Jateng," kata Bambang.