Masyarakat Sambut Positif Vaksinasi Anak 6-11 Tahun

Foto ilustrasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19. - Ist.
15 Desember 2021 10:37 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--Sebagian besar masyarakat menyambut positif keputusan Pemerintah Pusat untuk melakukan vaksinasi anak usia 6-11 tahun Melalui pemberian vaksin ini harapannya anak terhindar dari virus corona.

Lurah Sumberharjo Prambanan Sleman Kurniawan menyatakan anak usia SMP di wilayahnya semua sudah diberikan vaksin. Terkait rencana pemberian vaksinasi untuk anak SD usia 6-11 tahun tentu disambut positif oleh masyarakat, sehingga ia optimistis bahwa anak di kelurahannya semangat mengikuti vaksinasi. Kelurahannya siap menyelenggarakan jika ada pelaksanaan vaksinasi untuk anak ke depannya.

"Kami masih menunggu arahan dari dinas terkait untuk membantu melakukan sosialisasi ke anak-anak kami terkait vaksinasi untuk usia 6 sampai 11 tahun ini. Kami siap memantau dan mendorong anak-anak di Sumberharjo mengikuti vaksinasi, ini disambut positif," katanya di sela-sela vaksinasi dosis pertama dan kedua di Kantor Kalurahan setempat, Rabu (15/12/2021).

Dalam vaksinasi warga pagi ini diikuti sekitar 300 orang untuk dosis kedua. Kemudian ada kuota untuk warga dosis pertama secara on the spot tanpa harus mendaftar. Ia menambahkan seluruh jajarannya hingga RT sudah sepakat untuk menolak kemungkinan adanya gelombang ketiga. Selain mencegah melalui protokol kesehatan lebih ketat, serta memastikan semua warga telah divaksin.

"Kesadaran masyarakat untuk vaksinasi di tempat kami cukup tinggi, maka saya optimistis ketika ada perintah vaksinasi anak, pasti akan banyak mengikuti. Kalau persentase warga yang telah divaksin sudah di atas 70 persen. Termasuk hari ini kami vaksinasi dosis kedua dan untuk yang pertama secara langsung tanpa mendaftar," ujarnya.

Berdasarkan data Disdikpora DIY vaksinasi anak usia 12 tahun ke atas sudah di atas 90%. Adapun jumlah anak usia 6-11 tahun sekitar 266.000 anak. Berbagai lembaga di DIY sedang mempersiapkan vaksinasi anak. Salah satu lembaga yang menyatakan kesiapannya melakukan vaksinasi anak adalah Binda DIY.

"Kami siap mendukung dan menfasilitasi pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun, untuk melindungi anak dari paparan Virus Covid-19 dalam berbagai varian baru yang mulai bermunculan. Selain itu harapannya dengan telah divaksin, anak bisa segera mengikuti PTM," kata Koordinator Vaksinasi Binda DIY Adi Riyanto.

Ia mengatakan vaksin Sinovac menjadi merek yang disetujui oleh BPOM penggunaannya untuk usia 6-11 tahun. Syarat untuk memulai vaksinasi anak di suatu wilayah harus telah berada di angka 70% warga divaksin. "Semua wilayah DIY sudah sudah memenuhi syarat," katanya.

Sumber : Antara