Advertisement

Perbatasan Kulonprogo Dijaga Ketat, Siapkan Kartu Vaksin & Hasil Swab!

Hafit Yudi Suprobo
Rabu, 15 Desember 2021 - 08:17 WIB
Sunartono
Perbatasan Kulonprogo Dijaga Ketat, Siapkan Kartu Vaksin & Hasil Swab! Suasana jalan nasional di kapanewon Sentolo, Kulonprogo, pada Selasa (14/12/2021). Harian Jogja - Hafit Yudi Suprobo

Advertisement

Harianjogja.com, WATES--Pelaksanaan random sampling terhadap kendaraan bermotor di pos perbatasan menjadi upaya Dinas Perhubungan Kulonprogo dalam melaksanakan pengawasan jelang libur natal dan tahun baru. Setiap kendaraan yang masuk ke wilayah Kulonprogo diharapkan mampu menunjukkan sejumlah dokumen yang menjadi syarat perjalanan.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kulonprogo, Raden Sukirno, mengatakan pengendara kendaraan bermotor nantinya diminta untuk menunjukkan sejumlah dokumen tang terdiri dari kartu vaksin, hasil negatif swab PCR atau antigen, hingga verifikasi data melalui aplikasi Peduli Lindungi.

Advertisement

"Nantinya pemeriksaan dilakukan di pos perbatasan yang berada di kapanewon Temon, Kulonprogo. Pos pengamanan yang berada jalan nasional Jogja-Purworejo tersebut nantinya juga akan diisi oleh sejumlah unsur seperti TNI, Polri, Dinkes Kulonprogo, dan Satpol-PP Kulonprogo," kata Raden pada Selasa (14/12/2021).

Dikatakan Raden, setiap pengendara kendaraan bermotor yang ingin masuk ke wilayah Kulonprogo diharapkan memenuhi sejumlah dokumen yang menjadi syarat perjalanan. Upaya yang dilakukan oleh Dishub Kulonprogo dan sejumlah unsur semata-mata dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus Covid-19.

"Kami juga menyiapkan sejumlah tenaga kesehatan untuk melaksanakan kegiat vaksinasi maupun swab bagi pengendara kendaraan bermotor. Bagi pengendara kendaraan bermotor yang ingin masuk ke wilayah Kulonprogo diharapkan juga senantiasa menerapkan protokol Covid-19," terang Raden.

Upaya pemantauan mobilitas warga juga dilakukan oleh jajaran Satlantas Polres Kulonprogo. Sejumlah wilayah yang nantinya akan menjadi perhatian di antaranya wilayah kapanewon Sentolo, Temon dan Kalibawang. Ketiga wilayah tersebut nantinya akan didirikan pos perbatasan. Destinasi wisata yang ada di kawasan Glagah, Kalibiru serta Nanggulan juga menjadi perhatian dari polisi.

"Pos perbatasan nantinya akan dilaksanakan pengecekan terhadap kendaraan bermotor. Sementara pos pantau di sejumlah objek wisata, nantinya akan dilaksanakan patroli yang dilakukan oleh petugas gabungan. Kami masih melakukan koordinasi dengan Ditlantas Polda DIY untuk pengerahan personel," kata Kasatlantas AKP Antonius Purwanta.

Pantauan mobilitas warga di sejumlah titik bukan tanpa alasan. Hal tersebut dibenarkan oleh Wakil Bupati Kulonprogo, Fajar Gegana. Fajar mengatakan berdasarkan pantauan yang ia lakukan dalam beberapa hari terakhir, intensitas warga dalam beraktivitas memang mengalami peningkatan jelang libur nataru.

"Memang terjadi peningkatan aktivitas warga jelang libur nataru ini ya. Kami mengimbau warga agar tidak euforia yang berlebihan dalam menyambut nataru. Saat libur nanti, kita juga akan melaksanakan patroli di sejumlah wilayah untuk mengantisipasi terjadinya pelanggaran protokol kesehatan," kata Fajar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement