Advertisement

593 Petani dan Pekerja Rokok Terima BLT Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau

Abdul Hamied Razak
Kamis, 16 Desember 2021 - 08:17 WIB
Sunartono
593 Petani dan Pekerja Rokok Terima BLT Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa saat memantau penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) di PT Mitra Adi Jaya, Berbah, Rabu (15/12). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak.

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Pemerintah Kabupaten Sleman menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) kepada 593 buruh tani tembakau dan buru pabrik rokok. Penyaluran BLT dilakukan secara simbolis oleh Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa kepada dua orang perwakilan buruh tani tembakau dan buruh pabrik rokok.

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa mengatakan BLT yang disalurkan tersebut merupakan hasil dari pengembalian cukai tembakau yang dibagikan kepada petani tembakau dan buruh pabrik rokok di wilayah Sleman. "BLT yang dialokasikan sebesar Rp628,58 juta kepada 393 buruh pabrik rokok dan 200 buruh tani tembakau yang ada di Sleman," jelasnya di PT Mitra Adi Jaya, Berbah, Rabu (15/12/2021).

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Danang mengatakan seluruh penerima BLT tersebut merupakan petani tembakau dan buruh pabrik rokok yang sebelumnya telah diusulkan sebagai calon penerima BLT. Pengusulnya Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DP3) dan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Sleman.

Dia memastikan seluruh data penerima BLT telah melalui verifikasi dan validasi oleh Dinas terkait. Hal ini untuk memastikan data kependudukan penerima merupakan buruh pabrik rokok dan tani tembakau yang berpenduduk di Sleman.

Kepala Bagian Perekonomian Setda Sleman Emmy Retnosasi sekaligus mengampu program penyampaian BLT DBHCHT ini menyampaikan penerima BLT ini sebelumnya tidak termasuk penerima bantuan PKH, BPNT dan bukan pemilik Kartu Prakerja. Masing-masing buruh pabrik dan tani tembakau menerima BLT dengan total sebesar Rp1,06 juta yang disalurkan melalui rekening penerima Bank Sleman," katanya.

Manager Operasional PT Mitra Adi Jaya Adithya Wirawan mengatakan BLT yang disalurkan tersebut penting bagi pekerja yang selama ini berkiprah di perusahaan rokok. Di perusahaan tersebut terdapat 338 pekerja yang menerima BLT. "BLT yang diterima ini sangat membantu sekali bagi pekerja. Meskipun selama pandemi tidak ada pengurangan karyawan tapi proses kerjanya menyesuaikan dengan PPKM leveling," katanya.

Dia berharap BLT tersebut bisa berlanjut pada tahun depan. Sebab 40% pekerja berasal dari Berbah sisanya berasal dari kecamatan dan kabupaten lainnya di DIY dan Jawa Tengah. "Semoga tahun depan BLT serupa bisa tetap dilanjutkan. Pembagian bea hasil cukai juga dibagi sesuai dengan UU, termasuk waktu pemberian dan jumlah sasarannya," katanya.

 

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Target Pendapatan Daerah Kabupaten Magelang 2023 Disepakati Rp2,4 Triliun

News
| Kamis, 01 Desember 2022, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Masangin Alkid, Tembus Dua Beringin Bakal Bernasib Mujur

Wisata
| Selasa, 29 November 2022, 15:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement