Advertisement

BNNP DIY Tangkap Kurir Tembakau Gorila

Yosef Leon
Minggu, 19 Desember 2021 - 09:47 WIB
Sunartono
BNNP DIY Tangkap Kurir Tembakau Gorila Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Petugas Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DIY meringkus DM, laki-laki 21 tahun warga Piyungan, Bantul. DM diduga mempunyai peran sebagai kurir pengambil paket narkotika jenis tembakau sintesis atau tembakau gorila dengan pengedar berinisial HM warga Gunungkidul.

Kepala BNNP DIY, Brigjen Pol Andi Fairan menjelaskan, tersangka DM ditangkap pada 17 Desember 2021 lalu sekira pukul 23.30 WIB. Dia diringkus petugas saat mengambil paket narkotika di kawasan Jalan Perumnas utara lapangan sepakbola Gorongan, Condongcatur, Sleman.

"Petugas mengetahui aksi tersangka berdasarkan laporan dari masyarakat. Setelah diselidiki, lantas petugas membuntuti DM yang akan mengambil paket tembakau gorila. Dari tangannya kami amankan tembakau gorila seberat sekira 27,05 gram," kata Andi, Minggu (19/12/2021).

Paket tembakau gorila itu dibungkus dengan balutan plastik klip. Petugas juga turut mengamankan alat komunikasi yang digunakan tersangka untuk menghubungi HM dan juga satu unit sepeda motor.

"Berdasarkan hasil interogasi bahwa tersangka mengaku telah melakukan pengambilan paket narkotika tersebut atas perintah atau suruhan dari pengendali dengan inisial HM, warga Gunungkidul," katanya.

Saat ini HM berstatus sebagai DPO dan masih dilakukan pengejaran oleh petugas. Dalam melakukan pengambilan paket, DM telah lebih dulu sepakat dengan seseorang untuk mengambil paket di suatu tempat. Paket narkotika diletakkan di area tersembunyi.

"Sebelumnya mereka telah bersepakat dengan pengendali untuk melakukan pengambilan dan meletakkan paket di suatu tempat untuk diserahkan kepada pengendali. Hingga petugas mengamankan tersangka dan mendapati atas perbuatan diduga telah menerima dan menguasai narkotika jenis tembakau sintetis," ungkap Andi.  

Selanjutnya terhadap tersangka dan sejumlah barang bukti dibawa oleh petugas ke kantor BNNP DIY untuk dilakukan pemeriksaan. "Menjelang akhir tahun kita akan terus operasi untuk menyetop peredaran narkotika di wilayah DIY," katanya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Streaming Starjoja FM
alt

Alasan Polisi Enggan Beberkan Motif Pembunuhan Brigadir J

News
| Kamis, 11 Agustus 2022, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Jajal Keseruan Flying Fox Ledok Sambi, Solusi bagi yang Malas Lewat Tangga

Wisata
| Kamis, 11 Agustus 2022, 13:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement