Advertisement

UNU Jogja Luluskan 74 Sarjana

Media Digital
Senin, 20 Desember 2021 - 08:47 WIB
Sunartono
UNU Jogja Luluskan 74 Sarjana Universitas Nahdlatul Ulama (UNU)Jogja meluluskan sebanyak 74 sarjana dari berbagai program studi. Proses wisuda digelar di Sahid Raya Hotel pada Sabtu (18/12/2021). - Ist.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Jogja meluluskan sebanyak 74 sarjana dari berbagai program studi. Proses wisuda digelar di Sahid Raya Hotel pada Sabtu (18/12/2021).

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kepesantrenan, KH. Jazilus Sakhok menyampaikan terdapat 74 mahasiswa yang diwisuda pada kesempatan perdana kali ini, Dengan perincian Program Studi Manajemen terdapat 30 orang, Program Studi Akuntansi 11 orang, Program Studi Farmasi 8 orang, Program Studi Teknologi Hasil Pertanian 5 orang, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar 4 orang, Pendidikan Bahasa Inggris 5 orang, Program Studi Studi Islam Interdisipliner 12 orang dan Program Studi Informatika 1 orang.

Dari 74 wisudawan-wisudawati, terdapat sembilan orang berpredikat terbaik sesuai prodi masing-masing dengan Indeks Prestasi Kumulatif  tertinggi 3.90 yang diraih oleh Ruslan Abdul Parid dari Program Studi Studi Islam Interdisipliner,” katanya dalam rilisnya, Senin (20/12/2021).

Lulusan terbaik Program Studi Akuntansi, Alfin Nisaul Arifah menceritakan pengalaman yang ia dapat di UNU Yogyakarta dan perjalanannya hingga sampai lulus. Pesan yang paling diingat ialah pesan dari sang ayah. “Nduk belajar di mana pun itu sama saja, tetap satu yang kamu pegang teguh yaitu barokah. Yang perlu kamu ingat ialah ketika ditanya pekerjaan bapakmu, jangan sampai kamu malu untuk menjawab pekerjaan bapakmu ini hanyalah tukang cilok.”

Kalimat dari sang ayah itu menjadi bara semangat hingga ia bisa menyelesaikan pendidikannya di jenjang S-1 ini.

Rektor UNU Jogja, Profesor Purwo Santoso menyatakan proses membangun dan mengembangkan UNU Jogja yang tidak mudah dilalui, akan tetapi karena proses pendirian UNU Jogja atas usulan para kiai maka ketika ada kendala pun dikomunikasikan. Dengan demikian setiap kendala dpaat diselesaikan sebagaimana pencapaian UNU yang ternyata sudah bisa menghasilkan para wisudawan dan alumni yang sebagian besar berpredikat cumlaude.

“Para alumni untuk selalu berkhidmah pada jama’ah, jam’iyyah Nahdlatul Ulama, negara, bangsa, dan umat manusia,” katanya.

Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia, Profesor Pratikno dalam sambutan saat acara wisuda UNU menekankan pada proses perubahan zaman dengan berbagai disrupsinya yang harus direspons oleh lulusan. Ia menyampaikan bahwa ritual wisuda ini bukanlah akhir dari segalanya. Ia berharap ilmu yang didapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Saat ini dunia sedang mengalami banyak perubahan atau bisa disebut ‘disrupsi’, yang terjadi akibat perkembangan teknologi di era revolusi industri 4.0”.

Dalam menghadapi era ini, Mensesneg banyak berharap pada generasi muda untuk selalu update dalam mempelajari sesuatu yang baru. Pesan yang paling pokok beliau sampaikan tertuju langsung pada para lulusan, “Songsonglah masa depan Anda, masa depan Anda jauh lebih luas dan berharga daripada ijazah anda.”

Advertisement

Materi yang disampaikan oleh Mensesneg tersebut sejalan dengan visi UNU Jogja yang bertekad menjadi lembaga pendidikan tinggi terdepan dalam mencetak profesional unggul di berbagai bidang strategis pada level nasional maupun global, sebagai “The Leading Professional Hub University”. 

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Streaming Starjoja FM
alt

Top 7 News Harianjogja.com 15 Agustus 2022

News
| Senin, 15 Agustus 2022, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Menikmati Pemandangan Tujuh Gunung dari Ngablak Magelang

Wisata
| Jum'at, 12 Agustus 2022, 13:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement