Basarnas Siagakan Personel Pantau Wisatawan Libur Nataru di DIY

Foto ilustrasi Basarnas. - Ist/Dok Basarnas
20 Desember 2021 10:27 WIB Sirojul Khafid Jogja Share :

Harianjogja.com, UMBULHARJO – Menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022, Badan Safe and Rescue Nasional (Basarnas) Jogja menerapkan siaga khusus.

Kepala Kantor Basarnas Jogja, L. Wahyu Efendi menjelaskan kesiagaan ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman pada masyarakat yang hendak berwisata ke DIY.

Berlangsung 19 hari dari 17 Desember sampai 4 Januari 2022, sebanyak 83 personel akan bersiaga di beberapa titik. Seluruh personel terbagi dalam empat tim. Untuk tim satu akan berpatroli mobile di perbatasan Jawa Tengah – DIY, Bandara Adisutjipto, serta kawasan lereng Gunung Merapi. Tim kedua berpatroli mobile dan bersiaga di wilayah wisata pantai Kabupaten Bantul. Beberapa pantai seperti Pantai Parangtritis, Pantai Samas, hingga Pantai Baru.

Untuk tim ketiga akan melaksanakan patroli mobile di Pantai Wediombo, Pantai Indrayanti dan Pantai Baron. Sementara tim keempat oleh personel Unit Siaga Basarnas Congot Kulonprogo berpatroli mobile di sepanjang jalan Wates-Purworejo hingga ke perbatasan Jateng-DIY.

"Kemudian Tim Unit Siaga Congot akan berpatroli dan koordinasi di Bandara Yogyakarta International Airport serta melaksanakan patroli mobile di wisata Pantai Kulonprogo seperti Pantai Glagah, Pantai Congot, hingga ke Pantai Trisik," kata Wahyu, Sabtu (18/12).

Kesiapsiagaan ini sebagai upaya pelayanan Save and Rescue (SAR) menjadi lebih cepat, tepat, aman dan handal. Kegiatan ini akan berfokus pada penanganan kecelakaan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi dari Basarnas.

Selain memastikan masyarakat aman, Wahyu juga meminta personel untuk waspada. Tidak sebatas pada siaga khusus Nataru 2022, personel juga perlu memperhatikan potensi terjadinya kecelakaan dan bencana lainnya.

"Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh petugas siaga SAR, yaitu agar menjaga sikap yang sopan dan santun baik dalam berkoordinasi dengan intansi terkait maupun dalam melaksanakan misi penyelamatan di lapangan," katanya.