PKBTS DIY Akan Gelar Peringatan 100 Tahun Tamansiswa

Ki Sutikno (paling kiri), Ki Rahmat Jatmiko (tengah) dan Pemimpin Redaksi Harian Jogja, Anton Wahyu Prihartono (kedua dari kanan) dalam pertemuan di Kantor Harian Jogja, Jetis, Jogja, Selasa (21/12). Harian Jogja - Sirojul Khafid
21 Desember 2021 19:47 WIB Sirojul Khafid Jogja Share :

Harianjogja.com, JETIS -- Menyongsong 100 tahun Tamansiswa pada 2022, Perkumpulan Keluarga Besar Tamansiswa (PKBTS) DIY mulai menyiapkan sejumlah kegiatan peringatan.

Ketua PKBTS DIY, Ki Rahmat Jatmiko menjelaskan acara peringatan akan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga DIY. Dalam rencana awal, akan ada 17 kegiatan lomba yang akan berlangsung.

"Januari 2022 mulai persiapan acaranya. Lomba akan bernuansa budaya, sosial, dan pendidikan. Beberapa rencana kegiatan seperti lomba desain online bertema Ki Hajar Dewantara, puisi, sampai wayang kulit," kata Ki Rahmad Jatmiko dalam kunjungan di Kantor Harian Jogja, Jetis, Jogja, Selasa (21/12).

Pembina PKBTS DIY, Ki Sutikno mengatakan apabila PKBTS terus berupaya menanamkan dan mempertahankan nilai-nilai luhur Tamansiswa, yang juga ajaran dari Ki Hajar Dewantara. Salah satu langkahnya, PKBTS DIY merancang beberapa sekolah yang berbasis karakter Jogja.

"Di tengah-tengah modernisasi, tetap perlu memperjuangkan nilai-nilai kepahlawanan, pendidikan, kebudayaan, wawasan kebangsaan, serta kejuangan," kata Ki Sutikno.

Kepengurusan PKBTS DIY periode 2021-2026 aktif sejak 4 November 2021 lalu. Sebagai salah satu pemegang estafet nilai-nilai Tamansiswa, berbagai program akan dilaksanakan ke depannya.